Kemenkes RI: Wajib Imunisasi Difteri, Vaksinasi Serentak di 3 Provinsi pada 11 Desember 2017

Ilustrasi Imunisasi

Ilustrasi Imunisasi

POJOKJABAR.com, BOGOR – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengambil langkah penanganan terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di sejumlah daerah.

Dalam waktu dekat, Kemenkes akan menggelar outbreak response immunization (ORI) atau imunisasi serentak di tiga provinsi.

“Ada 3 provinsi yang akan dilakukan ORI, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Subuh, rabu (6/12/17).

Subuh menjelaskan, terdapat total 12 kabupaten dari ketiga provinsi yang akan dilakukan ORI pada 11 Desember mendatang. Sasarannya, usia 1 tahun sampai 19 tahun. Pemilihan sasaran itu berdasarkan studi epidemologi, serta respons terhadap diagnostik dan perawatan juga pemeriksaan laboratorium.

”Dalam pelaksanaannya, ORI menggunakan rumus 016. Artinya, penyuntikan pertama akan diulangi kemudian pada bulan berikutnya, lalu diulangi lagi pada enam bulan berikutnya,” kata dia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Agus Fauzi menambahkan yang akan digunakan nanti adalah Difteri–Pertusis–Tetanus (DPT). Vaksin ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, tapi per 10 tahun, orang dewasa pun membutuhkannya.

”antibodi yang didapatkan pada masa anak-anak telah hilang dan habis setelah usia 18 tahun. Sehingga booster imunisasi dibutuhkan untuk orang dewasa dan manula,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Rabu (06/12/2017).

Untuk syarat usia dewasa dan manula yang akan melakukan vaksin DTP, sambungnya, harus disesuaikan dengan kondisi fisik pasien. Hanya saja, vaksin pada usia tersebut tidak diwajibkan. Berdasarkan rekomendasi ilmiah Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin DPT diberikan sebanyak tiga kali pada anak sebelum usia satu tahun. Kemudian dilakukan kembali satu kali saat anak berusia 18 bulan dan satu kali saat anak berusia lima tahun.

”Jadi usia lebih dari lima tahun berikan vaksinasi Tetanus, Diphtheria dan Acelluler Pertusis (Tdap),” terangnya.


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …