Sugeng Teguh Santoso Angkat Bicara Soal Meme Bima Arya Disebut Kampanye Pakai Kopi Liong

Walikota Bogor Bima Arya saat mengunjungi pabrik kopi liong.

Walikota Bogor Bima Arya saat mengunjungi pabrik kopi liong.

 

POJOKJABAR.com, BOGOR –  Meme Bima Arya yang belakanga beredar menjadi dinamika politik jelang Pilkada 2018 di Kota Bogor yang mulai memanas. Terlebih bagi incumbent seperti Bima Arya.

Apapun tindakan dan kebijakan yang diambil akan menjadi sorotan, baik itu positif maupun negatif.

Baru-baru ini beredar meme Bima Arya saat mengunjungi pabrik kopi liong dianggap memanfaatkan momen untuk mencuri start kampanye Pilkada Kota Bogor.

Menanggapi hal tersebut, Bakal Calon Walikota Bogor dari PDIP Sugeng Teguh Santoso angkat bicara.

Menurutnya meme-meme di era digital seperti sekarang ini merupakan salah satu alat kritik yang sah-sah saja digunakan bagi siapapun.

“Meme juga harus dipandang sama dengan kritik yang disampaikan dalam parodi drama komedi panggung atau puisi kritik dan musik balada seperti kritik iwan fals dulu,” ujarnya kepada Pojokjabar saat dikonfirmasi, Jumat (24/11/2017).

Lebih jauh ia menjelaskan, pada umumnya meme dibuat untuk memvisualisasikan kritik kepada tokoh publik sehingga  tidak bisa dinilai sebagai  penghinaan.

“Karena pejabat publik atau lembaga publik dalam sistem demokrasi harus terbuka untuk dikritik, jadi sah-sah saja karena kritik ini ada dasarnya dalam konstitusi yaitu kebebasan menyatakan pendapat,” ujarnya.

“Yang dimemekan ini memang faktual kecuali meme tersebut berisi berita bohong, ujaran kebencian, itu yang tidak boleh, kalau yang Ini (meme Bima Arya) boleh dan tidak menghina karena faktual,” tambahnya.

Ia pun berharap untuk membuat meme sebaik mungkin harus faktual dan tidak masuk dalam kategori ujaran kebencian.

Sekedar informasi, meme tersebut berisikan pesan kepada Bima saat melakukan sidak ke pabrik kopi liong untuk memastikan isu berhentinya produksi kopi khas Bogor tersebut.

“Gunakan kopi liong untuk kampanye Walikota. Kopi Liong bulan itu produk andalan Kabupaten bogor lho. Etis tidak ya,” tulis salah satu meme tersebut.

Meme itu beredar di grup-grup aplikasi pesan WhatsApp dan mengundang reaksi publik.

 meme bima arya

(Iks/ pojokjabar)


loading...

Feeds