Jalan Solis Arah Kedunghalang Ditutup Lima Hari, Kebut Pembangunan Tol BORR

DITUTUP: Lajur di depan SPBU KH Sholeh Iskandar akan ditutup sebagian dan diterapkan sistem lawan arah selama lima hari mulai Rabu (15/11/17) besok. Meldrick/Radar Bogor

DITUTUP: Lajur di depan SPBU KH Sholeh Iskandar akan ditutup sebagian dan diterapkan sistem lawan arah selama lima hari mulai Rabu (15/11/17) besok. Meldrick/Radar Bogor

”Shoring itu rangka baja yang dari bawah, terus diangkat pake crane. Kalau pakai itu waktunya tidak akan cukup. Kalaupun dipaksain baru bisa berjalan di akhir Desember,” kata Ali.

Walhasil metode tersebut akan mengubah alur lalu lintas Solis. Itu lantaran rangka baja yang digunakan untuk menopang beton-beton bakal memakan sebagian badan jalan.

Sebelum contraflow diberlakukan esok (15/11/17), Wika bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dan Satlantas Polresta Bogor Kota akan melakukan uji coba hari ini. Sistem contra flow akan berlaku selama 24 jam setiap hari selama lima hari ke depan. ”Ada kemungkinan tidak 24 jam, tapi untuk sementara kita kondisikan untuk 24 jam,” kata Ali.

Dia berharap, pemberlakuan contra flow tidak berlangsung lama. Para pengguna jalan bilangan Solis diminta mengatur waktu tempuh saat penerapan alur contra flow. Pihaknya juga bakal melengkapi titik ini dengan rambu dan marka jalan.

”Paling hanya lima hari. Tidak akan lama. Ruas jalan yang belum dipasangi Erection Box kurang lebih panjangnya sekitar 150 meter. Kita sudah koordinasi dengan Dishub dan Satlantas,” tukasnya.

Soal rekayasa lalu lintas ini, Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji enggan berkomentar banyak. Pasalnya, Satlantas baru akan merapatkan contra flow di jalur Solis, hari ini (14/11/17). ”Belum, jadi besok pagi (hari ini) baru mau dirapatin. Jadi belum bisa dijawab,” kata dia.

Senada, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Agus Suprapto mengaku belum mengetahui rencana contra flow di bilangan Solis. Menurutnya, hingga kemarin siang belum ada laporan masuk ke dirinya terkait hal itu. ”Saya belum mendapat laporan soal itu,” singkatnya saat dikonfirmasi.

Sementara itu, ada beberapa ruas alternatif yang bisa dilalui pengendara untuk mengindari Solis jika mulai terjadi kemacetan panjang. Antara lain, dari arah Cilebut melawati Kayumanis kemudian tembus di ujung jalur Solis, dekat Taman Sari Persada. Kemudian, dari arah Yasmin bisa melewati jalur Johar untuk menghindari Solis.


loading...

Feeds