Organda: Bus Premium Bogor-Jakarta ”Matikan” Angkot

BAKAL BEROPERASI: Bus Premium Bogor-Jakarta rencananya akan beroperasi mulai melayani rute Botani Square-Senayan

BAKAL BEROPERASI: Bus Premium Bogor-Jakarta rencananya akan beroperasi mulai melayani rute Botani Square-Senayan

POJOKJABAR.com, BOGOR – Rencana pengoperasian bus premium jalur khusus Jakarta-Bogor dan sebaliknya, tidak disambut baik oleh Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor.

Alasannya, bus yang mengambil rute dari mal ke mal itu akan semakin mematikan usaha angkutan kota (angkot) yang telah lebih dulu ada. Kondisi ini mirip dengan angkutan online yang terus menggerus pasar angkot.

“Saat ini mungkin tersisa 100 unit bus yang juga melayani trayek yang sama (Jakarta- Bogor). Yang lain sudah pada kolaps, jadi jangan sampai ini (bus premium) juga mematikan usaha kami,” ujar Kepala Organda Kota Bogor M Ischak.

Hingga saat in, pihkanya juga belum menerima informasi apapun dari Pemkot Bogor terkait rencana pengoperasian bus premium Jakarta- Bogor. Padahal, menurut dia, koordinasi dan kolaborasi perlu dilakukan pemerintah setempat. “Kami ini kan masyarakat Bogor yang perlu diperhatikan juga. Makanya perlu ada koordinasi. Jangan seenaknya,” lirihnya.

Karenanya, dia berharap pemkot dapat lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan terkait moda transportasi. Jika ada perubahan pun, ia meminta pemerintah tak luput mempertimbangkan angkot sebagai landasan memutuskan kebijakan. “Kami hanya minta itu saja koordinasi, jangan tiba-tiba ada dan menganggu pasar angkot,”  tandasnya.

Sementara, Pengamat Transportasi dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor Teddy Murtedjo menilai, keberadaan bus premium bagus jika diterapkan. Filosofinya adalah, ketidakseimbangan antara pertumbuhan kendaraan pribadi sebanyak 11,3 persen jauh melebihi pertambahan infrastruktur jaringan jalan. Hal ini menyebabkan volume kendaraan yang melewati jaringan ruas jalan melebihi kapasitasnya.


loading...

Feeds