Rumah Kos-kosan di Kota Bogor Bakal Dikenakan Pajak 10 Persen dari Harga Sewa

Ilustrasi kos-kosan

Ilustrasi kos-kosan

POJOKJABAR.com, BOGOR – Para pengusaha rumah kost sudah semestinya bersiap diri. Pasalnya, di tahun 2018 mendatang, kos-kosan dengan kurang dari 10 kamar akan tetap dikenakan pajak sebesar 10 persen.

Kebijakan tersebut berkaitan dengan Revisi UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang bakal mengenakan pajak untuk setiap kamar kost.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor, Daud Nedo Darenoh mengatakan  pajak tersebut hanya berlaku untuk rumah kost dengan jumlah diatas 10 pintu.

Namun, aturan tersebut terkesan membuat para pengusaha kost mengakalinya dengan menyediakan jumlah kamarnya kurang dari 10.

“Nanti, kalau undang-undang selesai direvisi, setiap kamar kost dikenakan pajak 10 persen. Saat ini kan ada yang harganya diatas Rp1 juta per kamar, tapi jumlah kamarnya dua atau tiga. Nah itu tidak kena pajak,” jelasnya kepada awak media, kamis (12/10/17).

Ia menerangkan, UU No 28 itu sedang digodok oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dalam dua tahun terakhir. Dirinya menduga, revisi peraturan tersebut rampung pada akhir tahun, sehingga sudah bisa diterapkan pada awal 2018. Pasalnya, jika pajak itu diberlakukan maka bisa mendongkrak potensi Pajak Asli Daerah (PAD) Kota Bogor secara signifikan.

 


loading...

Feeds

SIDAN G: Suasana sidang SSA di Pengadilan Negeri Kelas 1B Kota Depok. Ade/Radar Depok

Program SSA di Depok Belum Ada Kajian

Persidangan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) masih terus berlanjut. Pada persidangan yang digelar Kamis (18/1/18) di Pengadilan Negeri Kelas 1B …