Berbulan-bulan Tumpukan Sampah di Desa Cileungsi Bogor Tak Diangkut

MENUMPUK: Tumpukan sampah dibiarkan teronggok di pinggir jalan Kampung Cimus, Desa CIleungsi, Kecamatan Tamansari. Doni/Radar Bogor

MENUMPUK: Tumpukan sampah dibiarkan teronggok di pinggir jalan Kampung Cimus, Desa CIleungsi, Kecamatan Tamansari. Doni/Radar Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Tumpukan sampah menjadi pemandangan yang wajar di Kampung Cimus, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi. Padahal lokasinya berada di kaki Gunung Gede-Pangrango.

Tanpa rasa bersalah, warga membuang sampah semaunya. Bahkan sesekali hingga jatuh ke sungai.

“Ini sudah biasa dan dianggap tempat sampah. Saking banyaknya sudah tidak diangkut sejak berbulan-bulan,” ujar Romli (43), pedagang warung yang tinggal tak jauh dari lokasi.

Sekertaris Desa Cileungsi Andi Rustandi mengaku kewalahan menangani sampah tersebut. Selain minim tempat pembuangan sementara (TPS), kurangnya program penanganan sampah membuat oknum warga tak pernah jera.

Untuk mencegah hal itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Cileungsi  tengah berkordinasi dengan UPT Kebersihan wilayah Ciawi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. “Dalam waktu dekat (sampah) diangkat,” ucapnya.

Andi menambahkan, nantinya pemdes akan menyulap lokasi tersebut sebagai bangunan koperasi desa. Beberapa program disiapkan untuk mengatasi persoalan sampah warga. Mulai dari bank sampah dan pengelolaannya.

“Ini baru rencana dan akan dikembangkan. Dan sudah berjalan pembuangan tempat sampah di setiap RT dengan dana desa,” tandasnya.

(radar bogor/don/c)



loading...

Feeds