Yuk Warga Bogor Vaksin Measles Rubella, Tinggal Dua Hari Lagi Lohh…

JANGAN TAKUT: Salah siswa di Kota Bogor nampak tenang saat hendak diimunisasi, beberapa waktu lalu. Nelvi/Radar Bogor

JANGAN TAKUT: Salah siswa di Kota Bogor nampak tenang saat hendak diimunisasi, beberapa waktu lalu. Nelvi/Radar Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) gratis segera berakhir. Di Pulau Jawa, ada beberapa wilayah yang belum mencapai target, salah satunya Kabupaten Bogor. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menggandeng Unicef mengingatkan pemberian vaksin MR gratis tersisa tinggal dua hari lagi.

Direktur United Nations Children’s Fund (UNICEF) untuk Area Pulau Jawa, Arie Rukmantara mengatakan hingga 10 Oktober, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) mencatat capaian pemberian vaksin di Pulau Jawa sudah menembus angka 99,73%. Sedangkan data dari daerah mencatat sudah 98,05 persen.

“Jawa Barat sudah mencapai target, tetapi masih ada daerah yang terus kami dorong,”  ujar  Arie dalam kunjungannya ke Graha Pena Radar Bogor, di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, rabu (11/10/17).

Data dari Pusdatin, kata Arie, ada tiga daerah yang belum mencapai angka 95%, yakni Kabupaten Bogor mencapai 85,93%, Kota Bekasi 82,22%, dan Kota Depok 81,35%. Meski demikian Arie menegaskan masalahnya bukan soal data. Unicef menyoroti pentingnya pemberian vaksin MR terhadap semua anak di Indonesia. “Imunisasi itu adalah hak anak. Maka anak harus mendapat perlindungan kesehatan,” tegasnya.

Terlebih pada Pasal 28B ayat 2 UUD 1945 menyatakan setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 juga disebutkan setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.



loading...

Feeds