Kabupaten Bogor Yakin Capai Target Vaksin Measles Rubella

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BOGOR – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Agus Fauzi mengakui Kabupaten Bogor belum mencapai angka 95 persen. Namun Pusdatin sampai 11 Oktober mencatat Kabupaten Bogor telah mencapai 86,46 persen.

“Kalau Pusdatin data estimasi dari pusat. Tetapi kalau hasil data kita sendiri sudah mencapai 94,36 persen. Jadi sedikit lagi 95 persen,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Rabu (11/10/2017).

Menurutnya perbedaan presentase tersebut karena data versi Pusdatin jumlah sasaran Kabupaten Bogor mencapai sekitar 1,5 juta jiwa. Namun versi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor hanya sekitar 1,4 juta. Sehingga diperkirakan ada perbedaan sekitar 150 ribu sasaran.

BACA JUGA

Yuk Warga Bogor Vaksin Measles Rubella, Tinggal Dua Hari Lagi Lohh…

“Saya optimis sampai target 95 persen dari versi pendataan kita. Karena kalau Pusdatin itu kan berdasarkan data sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan kalau kita sesuai dengan data yang kita lakukan di lapangan,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan upaya agar masyarakat melakukan imunisasi. Salah satunya dengan cara melakukan sweeping atau penyisiran dengan berkoordinasi bersama aparat wilayah, seperti camat dan kepala desa.

Selain itu juga dengan membuka pos pelayanan MR di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Sehingga masyarakat bisa melakukan imunisasi di lokasi tersebut. Terutama ke wilayah sasaran yang memang banyak terjadi penolakan.

“Karena memang masih ada beberapa sasaran kita yang menolak divaksin. Seperti sekolah dan orang tua. Sehingga pendekatan persuasif Puskesmas dan Aparat melakukan sweeping,” terangnya.



loading...

Feeds