Warga Kota Bogor, Ayo Siaga Kesehatan sebelum, Saat dan Sesudah Kejadian Bencana

ilustrasi korban bencana

ilustrasi korban bencana

POJOKJABAR.com, BOGOR – Kota Bogor terletak tepat di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dengan pola iklim yang dominan penghujan, maka Kota Bogor menjadi kota yang memiliki kondisi yang cukup rentan.

Walaupun letaknya bisa dibilang terlindung, tetapi ternyata potensi bencana tetap ada. Kita memang tidak boleh berharap terjadi, tetapi persiapan dan kesiapan harus selalu ada, karena manusia memiliki ciri khas cenderung lalai dalam kegiatan apapun sehingga berpotensi menimbulkan resiko.

Kota Bogor sudah berulang kali mengalami bencana, termasuk diantaranya karena kelalaian manusia, mapun karena kejadian alam. Setiap lintas sektor memiliki peran sendiri-sendiri dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

Sektor kesehatan yang dikomandani oleh Dinas Kesehatan, telah memiliki model untuk siaga terhadap bencana dari segi kesehatan. Tujuan kesiagaan tersebut kembali pada konsep kesehatan menurut WHO, bahwa kesehatan bukan sekedar terbebas dari penyakit (jasmani/rohani), tetapi menjadikan manusia bernilai ekonomis, atau istilahnya adalah “produktif”.


loading...

Feeds