Tilang Kendaraan Lewat CCTV Cocok Diterapkan di Bogor, Alasannya..

Tilang E-CCTV (Ilustrasi)

Tilang E-CCTV (Ilustrasi)

POJOKJABAR.com, BOGOR – Penerapan tilang elektronik (e-tilang) dengan Camera Closed Circuit Television (CCTV) mendapat dukungan dari Polres Bogor. Pasalnya, hal tersebut dinilai dapat membuat disiplin.

Selain itu, penerapan CCTV juga dapat membuat pihaknya mengetahui tentang kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama.

“Ini hal yang bagus dan menarik. Karena pengendara jangan hanya disiplin saat polisi berjaga saja,” katanya.

Ia menambahkan, sistem ini dibuat bukan untuk menakut-nakuti. Namun untuk keselamatan bersama. Bahkan, lanjutnya, dengan sistem tersebut begal dan tindak kejahatan lainnya dapat diketahui.

Hasby menjelaskan, sitem tersebut pun efektif untuk diterapkan di Bogor. Sebab, dari 2.200 personil yang ada, anggota lantas hanya ada 200 orang. Tentunya, kata dia, hal tersebut jauh jika dibandingkan dengan jumlah penduduka Kabupaten Bogor yang mencapai 5,6 juta jiwa.

Dalam penerapan ini, tentunya pihaknya tidak sendiri. Tapi, juga bersama dengan steakholder lain seperti Dinas Perhunungan (Dishub).

“Kalau di kita anggaran itu terbatas tanpa ada anggaran tambahan khusus untuk CCTV. Kecuali ada anggaran dari pemda, sistem ini dapat berjalan,” tuturnya.

(adi/pojokjabar)


loading...

Feeds