Peredaran Uang Palsu Kian Meresahkan Karyawan Minimarket di Bogor

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BOGOR – Peredaran uang palsu (upal) semakin meresahkan. Peredaran upal ini dialami karyawan minimarket dan merugikan para karyawan. Seperti dialami Anita (20), karyawan Alfamart di Jalan Raya Transyogi, Desa Cileungsi Kidul.

Dia mengaku menemui uang palsu pecahan Rp100 ribu dari konsumen, Senin (11/9/17) lalu. Saking samanya dengan yang asli, Anita mengaku tak dapat membedakannya. “Beberapa kali dapat uang palsu, saya kembalikan. Saat ini uang palsunya sangat mirip dan tidak bisa diketahui kalau hanya diraba,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group).

Akibatnya, Anita terpaksa harus bertanggungjawab atas kelalaiannya. Dia harus menganti uang itu kepada toko tempatnya kerja. “Terpaksa uangya saya ganti,” tuturnya. Para karyawan di Citeureup, juga menjadi korban.

Pengawas SPBU 34-16818 Citeureup, Tedi Mulya mengaku tiap minggu mendapati upal dari konsumen. “Minggu kemarin Rp100 ribu. Dua minggu lalu Rp200 ribu,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group).

Tak hanya di Alfamart, karyawan toko di Jalan Raya Transyogi, Desa Cileungsi Kidul juga mengalaminya. Semisal toko sembako milik Firmansyah (33). Dia mengaku pernah pula mendapati uang palsu di tokonya.

“Dua hari lalu ada yang belanja rokok menggunakan uang palsu,” terangnya. Firman juga kesulitan membedakan uang itu asli atau palsu. Sebab, bentuk dan serat pada kertasnya mirip aslinya. “Sangat mirip dengan yang asli,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Cileungsi, Kompol Jaka Mulyana mengaku belum mendapat laporan dari masyarakat. Meski begitu, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut penyebaran upal. “Nanti anggota kami akan telusuri,” ucapnya.

Dia mengimbau warga lebih hati-hati dan teliti mengkroscek uang yang didapat. “Jika ragu melihat uang pemberian konsumen, lebih baik dikembalikan,” tuturnya.

(radar bogor/azi/c)



loading...

Feeds

Cindy Clara

Penyakit Aneh Ini Serang Si Cantik Clara

Kekiniannya penyakit aneh terus menyerang manusia. Seperti Cindy Clara, perempuan yang tinggal di Cimanggis ini menjadi kurus seketika. Padahal, perempuan …