Perempuan Kota Bogor Dominasi Ajukan Perpisahan, Mandiri Tak Takut Hidup Sendiri

Ilustrasi Perceraian.

Ilustrasi Perceraian.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Dalam kurun waktu delapan bulan, Pengadilan Agama (PA) Kota Bogor panen   perkara cerai. Total ada 1.129 kasus yang sedang berproses. Mayoritas kasus masih didominasi cerai gugat. Banyak pihak istri yang menjadikan ekonomi sebagai alasan perpisahan.

DARI jumlah tersebut, memang tidak semuanya dinyatakan resmi berpisah. Rentang usia 20 tahun sampai 35 tahun yang terbanyak.  ”Rata-rata yang cerai masih muda,” ucap Panitera Muda Hukum pada Pengadian Agama Bogor, Agus Yuspiain.

Sebagian besar alasan yang diajukan adalah masalah ekonomi. Lebih dari setengahnya yang mengajukan gugat cerai, dilatarbelakangi dengan alasan ekonomi.

Pihak suami tidak mampu memberikan nafkah sesuai dengan yang di harapkan istri. Sebagian lagi meninggalkan pasangan tanpa sebab dan kabar. Sampai alasan ketidak cocokan dan pertengkaran yang terus terjadi.

Agus menyatakan, setiap tahun paling banyak permohonan cerai yang diajukan pihak perempuan. Mereka tidak lagi tabu atau malu jika menyandang status janda. Terutama para perempuan yang bekerja.

Memiliki penghasilan sendiri dan tidak menggantungkan suami. ”Memang eranya emansipasi. Cerai pun pihak perempuan yang mengajukan,” ujarnya.



loading...

Feeds

ilustrasi

Tips Jadi Pemuda Mandiri ala IEC

Jadi pemuda yang mandiri jadi dambaan banyak orang. Bukan hanya mandiri dalam keuangan, namun secara mental dan spiritual pun demikian.