Warga Desa Batulayang Bogor Bentuk Tim Peduli Lingkungan Atasi Sampah

PEDULI LINGKUNGAN: Para tokoh dan warga Desa Batulayang yang melakukan kerja bakti untuk menjaga kelestarian desanya.

PEDULI LINGKUNGAN: Para tokoh dan warga Desa Batulayang yang melakukan kerja bakti untuk menjaga kelestarian desanya.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Keasrian desa seiring zaman kian menyusut. Namun untuk menjaga keasrian desa, warga terus menjaga tradisi gotong royong.

Seperti yang dilakoni waga Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua. Berlokasi di jalan utama, mereka kerja bakti melibatkan  RT/RW, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Batulayang.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk bisa peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar Ketua RW 02 Dedi Hermansyah kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Jumát (11/08/2017).

Berbeda dengan kerja bakti pada umumnya, Desa Batulayang sudah membentuk forum peduli lingkungan. Tim ini berperan mulai dari tingkat RT, RW, dan LPM.

Jalur Desa Batulayang menjadi prioritas utama dalam kegiatan ini. Warga membenahi hampir seluruh sampah yang ada.  Sasaran utamanya adalah selokan untuk mengindari banjir.

Kurangnya kedisiplinan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan membuat sampah semakin menumpuk. Perubahan ini dilakukan tim lingkungan. Mulai dari rutin kerja bakti sebulan sekali sampai rutin setiap bulan.

“Memang kami agendakan program ini satu bulan sekali untuk kebersihan di lingkungan Desa Batulayang,” jelasnya. Kepala Desa Batulayang Haji Iwan Setiawan mengaku bangga dengan kegiatan peduli lingkungan di desanya.

Kegiatan ini, kata dia, dipelopori para ketua RT/RW berikut juga LPM. “Mudah-mudahan ini merupakan suatu bukti contoh wujud nyata rasa kepedulian kepada lingkungan Desa Batulayang, umumnya di masing-masing RT itu sendiri,” tukasnya.

(radar bogor/don/c)



loading...

Feeds