Puskesmas Cijeruk Kabupaten Bogor Minta Direlokasi

KURANG LAYAK: Kondisi Puskesmas Cijeruk dari depan. Bangunannya sudah tidak layak untuk pasien. Foto: Arival/Radar Bogor

KURANG LAYAK: Kondisi Puskesmas Cijeruk dari depan. Bangunannya sudah tidak layak untuk pasien. Foto: Arival/Radar Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cijeruk, Kabupaten Bogor rawan ambruk. Pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat itu kondisinya sudah tak layak. Selain itu, gedung yang berada di Jalan Alternatif Cipaku-Cijeruk itu pun rawan longsor.

Kepala UPT Puskesmas Cijeruk, dr Lindawati Halim meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, membebaskan lahan untuk memindahkan lokasi Puskesmas yang kultur tanahnya rawan terjadi longsor.

“Sekarang kondisi tanah Puskesmas sudah turun, dan harus direlokasi ke tempat yang lebih aman,” katanya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Jumát (19/05/2017).

Linda, panggilan akrab Kepala UPT Puskesmas Cijeruk itu menginginkan relokasi Puskesmas berdekatan dengan gedung pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di depan kantor UPT. “Relokasi ini semata-mata untuk keselamatan pasien atau pun petugas Puskesmas,”imbuhnya.

Linda pun menjelaskan, saat pindah dari Unit Puskesmas Pembantu Ciburayut ke UPT, kondisi bangunan sangat memprihatinkan. Gedung Puskesmas terlihat tidak terawat dan kumuh.

“Saya langsung melakukan perawatan dengan mengganti sebagian bahan bangunan yang sudah tidak layak, serta melaksanakan pengecetan biar terlihat bagus,” jelasnya.

Selain itu, perawatan dan pembenahan gedung UPT ini, bagian dari persiapan pihak Puskesmas yang akan mengikuti akreditasi untuk standar kelayakan Puskesmas sebagai unit pelayanan pada bulan Juli nanti.

“Standarnya yaitu harus memperhatikan keselamatan pasien dari segi apapun, termasuk tata graha bangunan Puskesmas. Makanya dengan dana pemeliharaan yang ada, sebisa mungkin saya benahi dan percantik Puskesmas ini,” tukasnya.

(radar bogor/all/c)



loading...

Feeds

KEMANDIRIAN: Perempuan nelayan mengikuti pelatihan pendampingan APWI Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan usaha mandiri. FOTO:SUBHAN/RADARSUKABUMI

APWI Kabupaten Sukabumi Gandeng Perbankan

Keseriusan Asosiasi Pendamping Wiraswasta Indonesia (APWI) Kabupaten Sukabumi dalam menciptakan pengusaha mulai tampak. Salah satunya saat ini APWI melakukan pendampingan …