Bogor The Garden City Community Movement Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Jeckie Ambadar, semangat wujudkan Bogor sebagai The Garden City

Jeckie Ambadar, semangat wujudkan Bogor sebagai The Garden City

POJOKJABAR.com, BOGOR – Perubahan kota hujan menjadi kota sejuta taman yang dilakukan Walikota Bogor, Bima Arya rupanya mendapat dukungan. Salah satunya dari seorang konsultan bidang Penelitian, Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat, Jackie Ambadar.

Menurut Jackie, dengan adanya taman-taman kota dapat membantu mewujudkan Bogor sebagai The Garden City. Meski perubahan yang dilakukan belum sempurna, namun ia katakan hal tersebut patut mendapat acungan jempol. Sebab, mengembalikan kota hujan sebagai kota sejuta taman tidaklah mudah.

“Peremajaan taman kota mulai di lakukan. Hal ini tentunya menjadi nilai positif untuk perubahan yang ada,” katanya kepada Pojokjabar.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, tidak bisa jika hanya pemimpinnya saja yang bergerak. Tapi, seluruh elemen masyarakat yang ada harus memiliki kesadaran yang juga kuat. Tentunya, agar gerakan yang dibangun kini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan terus hingga masa depan.

“Pemimpin itu akan terus berganti. Makanya, masyarakat lah yang harus memiliki kesadaran untuk wujudkan kota yang nyaman dihuni,” ungkanya.

Ia menambahkan, kesadaran saja nyatanya tidak cukup jika tidak dibarengi dengan kepedulian dan keterlibatan masyarakat. Sebab, itu menjadi modal sosial yang dapat menjadi penggerak sekaligus pengarah kebijakan. Bahkan, dapat juga sebagai kontrol sosial.

Menurutnya, jika masyarakat tidak peduli dan terlibat, cita-cita kota hujan sebagai The Garden City hanya akan jadi mimpi belaka. Keinginan mewujudkan The Garden City bukan hanya di Indonesia saja. Justru, di luar negeri pun hal tersebut menjadi harapan yang banyak orang ingin wujudkan.



loading...

Feeds