Wow… Ini Dia Mini Hydro PLTA Buatan Mahasiswa UIKA Bogor

Alat PLTA ciptaan mahasiswa siap ditempatkan. FOTO : Rani / Radar Bogor.

Alat PLTA ciptaan mahasiswa siap ditempatkan. FOTO : Rani / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Kota Bogor, belasan mahasiswa yang terdiri dari Fahmi Maulana, Muhammad Maulana Yusuf, Sherly Winarti Puspita Ningrum, Ida Farida Tunisa, Rahmatullah, Wiga Wijaya Kusumah, Lukmanul Hakim, Roni Fauzi, Supriyadi Hidayat, Wifa Latifah Qudsiah, Suci Lestari Suryadi, Mahfudzoh Sunangiyah, Lili Zuli Ratna, Sri Retno Ambarwati dan Lintang Setianingrum berhasil membantu warga dalam penerangan jalan dengan innovasi yang mereka buat, yaitu Mini Hydro PLTA.

Ditemui Radar Bogor disela-sela kegiatannya di kampus, Fahmi, mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris salah satu anggota tim KKN kelompok 54 di daerah Desa Pasir Jaya Cigombong menjelaskan bahwa ditempat KKN mereka memiliki kendala minimnya penerangan jalan yang menimbulkan rawannya kejahatan.

Sedangkan, jalan tersebut merupakan jalan alternatif Bogor-Sukabumi dan juga berdekatan dengan stasiun Cigombong.

“Nah, dari situ tercetus ide dari teman-teman anak teknik untuk uji coba alat yang mereka desian untuk penerangan, yaitu mini hydro PLTA,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Sebelumnya, kata Fahmi, mereka sempat meminta bantuan pemerintah melalui Dinas Sumberdaya Manusia (SDM) Kabupaten Bogor untuk memberikan bantuan berupa penerangan jalan di desa tersebut. Hanya saja, penolakan yang diterimanya.

Menurut Fahmi, mereka sudah tidak lagi memberikan dana untuk jalan-jalan kampung.

“Yang mereka tanggung sudah jalan-jalan Provinsi, sehingga jalan-jalan kampung bukan lagi tanggungjawab mereka,” beber Fahmi.


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …