Saber Pungli Bogor Berhasil Tangkap Preman Pasar

Ilustrasi Pungli.

Ilustrasi Pungli.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Tim sapu bersih (Saber) pungutan liar mulai bergerak di Kota Hujan. Pekan kemarin, tim di bawah komando Kepala Polresta Bogor Kota, AKBP Suyudi Ario Seto, menangkap dua preman yang kerap memungut uang kepada para sopir truk di kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor.

Saat penangkapan, petugas mengamankan sejumlah uang hasil pungli dan senjata tajam dari tangan pelaku YS (39) dan PD (40).

Dalam gelar perkara di Makopolresta Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa (1/11), Suyudi mengungkapkan penangkapan kedua pelaku tersebut didasari atas laporan masyarakat setempat.

Modusnya, para pelaku memungut jatah “preman” kepada truk pengangkut barang yang hendak masuk ke kawasan pasar sebesar Rp25 ribu.

“Kedua pelaku menggunakan sistem karcis illegal. Total per hari bisa mencapai 40 karcis. Target mereka dari pengendara truk distributor barang di pasar,” ungkapnya kepada pewarta.

Aksi pungli itu, menurut Suyudi, sudah berlangsung selama empat tahun terakhir. Diduga, para preman itu memiliki jaringan di Kota Bogor, yang mengincar para pedagang pasar.

“Kita sedang mengembangkan kasus ini untuk jaringan lainnya,” tegasnya.

Kini kedua pelaku mendekam di tahanan Mapolresta dan dijerat dengan dua tuntutan. Yakni Undang-undang Darurat Pungli dan tindak kekerasan pada Pasal 368 KUHP.

Dua Anggota Polisi Terancam Dipecat Di bagian lain, Kepolisian Sektor Ciampea kemarin juga mengamankan lima tersangka pemerasan dan perampasan sepeda motor di Kampung Setu, Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Dua di antaranya merupakan oknum Polri yang bertugas di Bumi Tegar Beriman.


loading...

Feeds

IMBAUAN: Kapolres Sukabumu, AKBP Nasriadi menyampaikan imbauan di hadapan jamaah salat Jumat di Masjid Agung Palabuhanratu.

Polres Sukabumi Siap Dampingi Ulama

Dalam imbauannya, perwira pangkat dua bunga melati emas itu siap memberikan jaminan kepada para ustadz yang akan menjalankan tugasnya sebagai …