Aksi Pungli Bogor Kalahkah Priuk

TANPA KARCIS: Petugas lapangan DLLAJ memungut retribusi kepada sopir angkot. Aksi ini kerap dicurangi oleh oknum petugas, dengan tidak memberikan karcis. FOTO : Doni / Radar Bogor.

TANPA KARCIS: Petugas lapangan DLLAJ memungut retribusi kepada sopir angkot. Aksi ini kerap dicurangi oleh oknum petugas, dengan tidak memberikan karcis. FOTO : Doni / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Jumat (28/10), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, melantik Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli).

Namun seremoni di tingkat pusat itu tak lantas memberikan syok terapi bagi para oknum di Kota dan Kabupaten Bogor. Penelusuran Radar Bogor, tetap saja pungli merajalela. Bahkan sejumlah sopir menilai, angkanya lebih tinggi dari pungli para preman di Tanjung Priuk, Jakarta.

AKHIR pekan kemarin, seperti biasa, Wawan (43), membawa truk engkel bermuatan batu dari Gunung Cipinang, Rumpin, menuju kawasan Ciapus, Kabupaten Bogor.

Yang berbeda, siang itu, Wawan mengajak Radar Bogor dalam perjalanannya, untuk mengetahui seperti apa praktik pungli di Bumi Tegar Beriman.

Benar saja. Sepanjang perjalanan, sedikitnya ada tiga titik, dimana Wawan harus menyerangkan uang sebesar Rp2.000-Rp5.000, kepada petugas Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ).

Memang, sedianya uang itu berupa retribusi legal yang masuk ke kas daerah. Itu jika petugas DLLAJ tersebut, memberikan karcis seusai ketentuan.

“Kadang saya kasih Rp2.000 kadang Rp5.000. Ada yang pakai karcis, banyak yang nggak,” tuturnya kepada pewarta.

Beberapa titik retribusi itu di antaranya di kawasan Rumpin, depan Pasar Cicangkal. Titik retribusi serupa terdapat di kawasan Ciampea dan Ciapus. Ketiganya pun sama. Terkadang memberi karcis, namun paling sering tidak.


loading...

Feeds

IMBAUAN: Kapolres Sukabumu, AKBP Nasriadi menyampaikan imbauan di hadapan jamaah salat Jumat di Masjid Agung Palabuhanratu.

Polres Sukabumi Siap Dampingi Ulama

Dalam imbauannya, perwira pangkat dua bunga melati emas itu siap memberikan jaminan kepada para ustadz yang akan menjalankan tugasnya sebagai …