Kabupaten Bogor Barat Jadi Kawasan Industri

Ilustrasi Kabupaten Bogor Barat.

Ilustrasi Kabupaten Bogor Barat.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan Bogor Barat akan mengalami perubahan signifikan setelah revisi Rencana Tataruang Wilayah (RTRW) rampung. Sebab, zona industri sendiri akan bergeser ke wilayah Barat dan Utara.

Tak lagi berfokus ke wilayah Timur. Namun, hingga kini Pemkab Bogor belum mau membocorkan peta RTRW itu. Bahkan sejumlah dinas mengaku belum mengetahui wajah baru Bogor ke depan seperti apa.

Kepala Bappeda Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah menjelaskan, secara detail harus melihat peta RTRW yang baru. Namun dipastikan terjadi perubahan secara mendasar.

“Kita lihat penduduk Kabupaten Bogor semakin lama makin banyak, sekarang saja sudah mencapai 5,5 juta jiwa,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Artinya, Pemkab Bogor juga harus memikirkan bagaimana membuka lapangan pekerjaan baru. Selain itu, jumlah penduduk yang terus meningkat juga harus memikirkan infrastruktur pendidikan dan sebagainya.

“Perubahan jumlah penduduk itulah yang menjadi landasan merevisi RTRW,” terangnya.

Syarifah menjelaskan, kawasan industri ini dibuat lebih beragam. Terlebih, kawasan industri Kabupaten Bogor yang mencapai 500 hektar sudah sold out.  Maka perlu membuat kawasan industri baru, yang melingkupi wilayah Barat, Utara, dan Selatan.

Wilayah Selatan sendiri menggunakan sistem zonasi, tapi kedepan akan dibuat kawasan. Dengan dasar itu, zona wisata akan dikembangkan, terutama yang sangat signifikan di daerah Bogor Barat.


loading...

Feeds