Waduh, Pembuatan KTP di Wilayah Bogor Ini Diminta Rp75 Ribu

MENGELUH: Salah seorang warga Bogor mengeluhkan biaya pembuatan KTP dan KK di media sosial Facebook.

MENGELUH: Salah seorang warga Bogor mengeluhkan biaya pembuatan KTP dan KK di media sosial Facebook.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Proses admin¬ istrasi kependudukan, mulai dari membuat akte kelahiran sampai e-KTP sejatinya tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Namun yang yang terjadi di lapangan kadang kala tidak demikian.

Seperti yang menimpa Halifah Hendra Dinata. Warga Kota Hujan ini mengeluhkan mahalnya biaya membuat KTP dan Kartu Keluarga di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Keluhan itu share di akun facebook-nya dengan menandai langsung akun facebook milik Walikota Bogor Bima Arya.

“Bayar KK 25 ribu perkk…pembuatan ktp 75 ribu per orang……gimana nih pak Walikota Bima Arya,” tulis Halifah di timeline facebook miliknya sekitar pukul 09.00.

Tak hanya memposting tulisan, dia juga melampirkan dua foto yang suasan di Kantor Kecamatan Tanah Sareal. Dalam foto tersebut terlihat petugas kecamatan sedang melayani masyarakat seperti biasanya. Tak ada keanehan dalam foto tersebut.

Radar Bogor langsung mencoba mengkonfirmasi Camat Tanah Sareal, Asep Kartiwa terkait postingan tersebut. Dia menjelaskan, pihaknya sudah mengkroscek secara lansung ke petugas yang melayani Halifah.

“Setelah saya konfirmasi dengan petugas disini, terjadi kesalapahaman. Apa yang terjadi  sebetulnya bukan seperti apa yang dia anggap. Karena biaya yang dia keluarkan sudah sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2015,terkait KK yang kena denda,” beber Asep.


loading...

Feeds