Gawat! Penderita Penyakit Kaki Gajah di Kabupaten Bogor Meningkat

Ilustrasi Kaki Gajah.

Ilustrasi Kaki Gajah.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM Undip) melakukan Penyuluhan kepada orang tua siswa di SD Negeri Muaraberes, Kelurahan Sukahati, akhir pekan lalu.

Kali ini, materi yang disampaikan mengenai peningkatan pengetahuan tentang faktor resiko filariasis pada penduduk di wilayah Endemis Filariasis Kabupaten Bogor.

Ketua tim pengabdian masyarakat FKM Undip, Resa Ana Dina mengatakan, filariasis atau sering disebut sebagai penyakit kaki gajah dapat menular yang mengenai saluran dan kelenjar limfe.

Penyakit ini, disebabkan cacing filarial dan ditularkan nyamuk.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan faktor risiko penyebab kaki gajah,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan kali ini penting karena telah terjadi kenaikan jumlah penderita tiap tahunnya. Lebih lanjut ia mengatakan, tahun 2004 ditemukan penderita filariasis sebanyak 7 orang.

Sementara itu, tahun 2015 meningkat menjadi 60 orang penderita. Oleh karena itu, kegiatan yang bersifat promotif dan preventif terkait falariasis/kaki gajah ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana cara pencegahan penyebaran penyakit filariasis.

Ia menambahkan, kondisi umum peserta penyuluhan di Kelurahan Sukahati sebagian besar tidak mengetahui penyebab, penularan, dan cara pencegahannya.

(radar bogor/*/ded)


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …