Wow… 4,6 Juta Warga Kabupaten Bogor Minum Obat Tangkal Penyakit Kaki Gajah

Penderita Kaki Gajah di Kabupaten Bogor. FOTO : Dokumen Radar Bogor.

Penderita Kaki Gajah di Kabupaten Bogor. FOTO : Dokumen Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor sukses menggelar POPM Filariasis putaran kedua pada 3-12 Oktober dan sweeping pada tanggal 13-25 Oktober di 37 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala Bidang P2PKL Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Kusnadi, sebanyak 4,6 juta warga kabupaten Bogor atau 91,55 persen dari sasaran sebanyak 5.053.620 orang berhasil ikut serta dalam POPM Filariasis tahun. Jumlah ini lebih besar dari target yang diberikan pemerintah pusat yakni 85 persen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberantas penyakit kaki gajah yang dilakukan secara serentak dengan sasaran minum obat di tempat.

”Kita berharap melalui kegiatan ini penderita penyakit kaki gajah di Kabupaten Bogor akan berkurang bahkan hilang. Kini tercatat sebanyak 65 orang warga Kabupaten Bogor terkena penyakit kaki gajah yang tersebar di sejumlah kecamatan,”jelas Kusnadi kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Rabu (26/10/2016) siang.

Penyakit menular yang disebabkan cacing filariasis dan ditularkan melalui nyamuk ini memang mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Untuk tahun ini dari 40 kecamatan yang ada sebanyak 37 kecamatan melaksanakan kegiatan serentak pemberantasan penyakit kaki gajah. Sedangkan tiga kecamatan lainnya yakni, Gunung Sindur, Rumpin dan parung panjang tidak dilaksanakan karena sudah melaksanakan POPM selama 5 tahun.

”Untuk tiga kecamatan ini tahun ini hanya dilakukan pemeriksaan survei darah jari (SDJ) di enam desa terpilih Setelah itu baru dilakukan pemeriksaan survei evaluasi penularan Filariasis atau Transmission Assessment Survey (TAS) dengan sasaran anak sekolah kelas 1 dan 2 sebanyak 1700 anak yang tersebar di 35 SD pada tanggal 6-12 November mendatang,”kata Kusnadi.

Diakui Kusnadi, penyakit kaki gajah sulit disembuhkan total. Yang bisa lakukan oleh tim medis terhadap penderita kaki gajah adalah memberikan obat untuk mencegah ukuran kaki semakin membesar.

”Karena penyakit kaki gajah ini disebabkan cacing filariasis menghancurkan aliran getah bening. Makannya kalau dibiarkan kaki yang kena kaki gajah bisa terus membesar,”kata Kusnadi.

(dea/pojokjabar.com)


loading...

Feeds

Dayung

Ketua PODSI Kabupaten Bekasi Mundur?

Kabar tersebut seolah diamini Ketua PODSI Kabupaten Bekasi yang mengaku saat ini dirinya sudah selesai dalam menjalankan tugas sebagai ketua …