Warga Bogor Ini Dia Aplikasi Sipud Cegah Munculnya Pungli

Ilustrasi Pungli.

Ilustrasi Pungli.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli), Pemerintah Kecamatan Dramaga telah memberlakukan program aplikasi sistem informasi pelayanan mum desa (Sipud) secara online.

Cukup menggunakan smartphone android, pelayanan berbasis nomor induk kependudukan (NIK) bisa meningkatkan tertib administrasi desa.

Camat Dramaga, Baehaki mengatakan, pihaknya sengaja membuat sistem ini untuk mencegah adanya pungli di pemerintahan desa maupun kecamatan. Bahkan, warga yang mengakses pun lebih mudah dan cepat.

“Jadi, gak usah datang jauh-jauh ke kantor desa maupun kecamatan. Cukup lewat ponsel saja,” ujarnya kepada Radar Bogor, Minggu (23/10/2016).

Ia mengaku, aplikasi Sipud  baru diterapkan di beberapa desa  yakni Dramaga, Neglasari, Ciherang dan Babakan. Adanya kampus IPB, apartemen maupun  lainnya, membuat pemerintah perlu berevolusi dalam segi pelayanan.

“Tidak hanya pelayanan umum desa saja, tetapi pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan administrasi kependudukan bisa langsung di akses di sini,”pungkasnya.

(radar bogor/nal)


loading...

Feeds