Yah, Pemkab Bogor Gagal Tangani Sampah

Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan.

Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Kabar buruk menimpa sejumlah pejabat yang membidangi pengelolaan sampah. Dalam pembahasan APBD 2017, DPRD Kabupaten Bogor mendesak Pemkab Bogor agar penanganan sampah dikelola pihak ketiga.

Artinya jika dipihak ketigakan, bisa jadi sistem yang sudah berjalan lewat unit pelaksana teknis di sejumlah wilayah bakal ditiadakan.

Wacana ini muncul saat Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang nantinya membidangi kebersihan mengajukan penambahan anggaran untuk pengelolaan sampah.

Secara spontan, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Rifdian Surya Darma ‘naik pitam’. Menurutnya, dibandingkan harus menambah anggaran kepada BLH untuk menangani sampah, lebih baik Pemkab Bogor bekerjasama dengan pihak ketiga.

Sistem pengelolaan sampah yang sudah berjalan dianggap buruk dan selalu bermasalah. Terlabih anggaran yang dibutuhkan sangat besar.

“Ada baiknya dipihak ketigakan. Pemkab Bogor tak harus keluar uang untuk pengadaan truk sampah, uang bensin, uang perawatan dan lain-lain. Karena semuanya ditanggung pihak ketiga,” terangnya.

Kader PPP ini juga mengkritisi kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Selama pengelolaan dibawah dinas itu, Pemkab Bogor sepertinya tak berhasil melakukan pengelolaan sampah.

Sebab, ada saja permasalahan, sehingga perlu ada revolusi untuk mengatasi pengelolaan sampah.


loading...

Feeds