Waspada! Banyak Jembatan di Bogor Rawan Ambruk

AMBRUK: Jembatan ambruk memutus akses dua rukun warga di Kampung Babakan, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan
Bogor Barat, Rabu (19/10/2016). FOTO : Kelik / Radar Bogor.

AMBRUK: Jembatan ambruk memutus akses dua rukun warga di Kampung Babakan, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Rabu (19/10/2016). FOTO : Kelik / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Hujan deras yang terus mengguyur Bogor kembali mendatangkan bencana.

Rabu malam  (19/10) kemarin, hujan disertai angin kencang merobohkan jembatan penghubung antara Kampung Babakan RW 07 dan RW 08, Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat.

Tak ada korban jiwa namun akses jalan dua rukun warga itu putus total. Informasi yang dihimpun, sekitar pukul 22.00 WIB, hujan lebat mengguyur Kota Bogor.

Kondisi jembatan yang tua dan rapuh membuat jembatan tak kuat menopang beban jalan dan derasnya arus sungai Cimanglid.

“Ketika itu itu hujan sangat lebat dari sore sampai malam. Tiba-tiba ada suara gemuruh dan bergetar kencang,” ujar saksi mata Lilin Marlina (48) warga RW07 Kampung Babakan, ditemui di lokasi jembatan ambruk kemarin (20/10).

Lilin dan beberapa warga yang rumahnya tak jauh dari lokasi pun langsung berhamburan mencari asal suara gemuruh itu ketika hujan mulai sedikit reda.

“Ketika saya, lihat ternyata jembatan di depan rumah ambruk,” ungkapnya.

Siang kemarin, Walikota Bogor Bima Arya turun lansung ke lokasi. Bima memastikan ambruknya jembatan tidak berpengaruh kepada rumah warga di sekitarnya. Dia juga menginstruksikan jajarannya untuk segera membangun jembatan sementara.

“Langsung dibersihkan puing-puing yang ambruk sebagai antisipasi agar tidak terjadi longsor susulan. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Dinas Bina Marga yang tangani. Dibantu Dinas Sumber Daya Air (DBMSDA) dan aparat wilayah,” kata Bima.

Nantinya, pembangunan jembatan sementara bagi pejalan kaki dan roda dua akan menggunakan biaya tak terduga (BTT). Sementara jembatan akan diperbaiki tahun depan memakai anggaran 2017 dan saat ini sedang diperhitungkan DBMSDA terkait pondasi jembatan.


loading...

Feeds