Dinding Underpass Sholeh Iskandar Bocor, Jangan Tunggu sampai Ambrol!

BOCOR: Beban air irigasi berlebih di dinding underpass Jalan Sholeh Iskandar bocor, hingga menggenangi jalan. FOTO : Nelvi / Radar Bogor.

BOCOR: Beban air irigasi berlebih di dinding underpass Jalan Sholeh Iskandar bocor, hingga menggenangi jalan. FOTO : Nelvi / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Ambruknya Jembatan Cibalagung, di Kampung Babakan Sukamantri Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kamis (20/10/2016), bisa saja terjadi pada underpass Sholeh Iskandar (Solis) jika tidak ada penanganan cepat.

Bocornya saluran irigasi di dinding underpass, disebabkan beban irigasi yang tidak mampu menampung debit air, apalagi ketika hujan.

Menurut Ketua Forum Pemerhati Jasa Konstruksi dan Pembangunan (FPJKP), Thoriq Nasution  kebocoran akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

“Kondisi ini sangat berbahaya bagi struktur bagi dinding undeprpass . Saya pernah mengusulkan agar sistem irigasi ini dirubah dengan sistem drainase,” ujar Thoriq kepada Radar Bogor.

Alasannya, sistem irigasi sudah tidak cocok dengan kondisi Kota Bogor, karena, irigasi hanya diperuntukkan bagi daerah – daerah pertanian. Seperti diketahui, daerah pertanian di Kota Bogor sudah bisa dihitung dengan jari.

“Karena sistem irigasi di hulu (inlet) lebar dan mengecil pada bagian hilir. Sehingga sering terjadinya luapan – luapan air disekitar hilir. Itulah yang terjadi di sekitar dinding – dinding underpass Sholis,” bebernya.

Secara geografis, Kota Bogor berada di daerah dengan ketinggian yang cukup baik. Apalagi dengan melintasnya beberapa aliran sungai.

Seharusnya ketika hujan kemungkinan banjir sangat kecil, tapi sekarang hujan sebentar sudah tergenang dimana-mana. Menurut dia kondisi itu karena sistem drainase yang buruk dan masih banyak yang menyatu dengan irigasi.

“Ini artinya ada yang tidak beres pada sistim drainase di kota ini,” ungkapnya.


loading...

Feeds