Bandel! Gurandil Kabupaten Bogor Rusak Gunung Citomi

GURANDIL: Bedeng milik gurandil terlihat di Gunung Citomi, Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg

GURANDIL: Bedeng milik gurandil terlihat di Gunung Citomi, Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg

POJOKJABAR.com, BOGOR – Puluhan gubuk rendaman dan lubang gurandil terlihat di Gunung Citomi, Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, kemarin. Hal ini dituding penyebab rusaknya area milik Perhutani.

Kapolsek Cigudeg, Kompol Yayan Sofian menjelaskan, pihaknya pernah menangkap para penambang liar tersebut. Seolah tak jera, mereka kembali lagi ke Gunung Citomi.

“Ada juga yang masuk secara diam–diam. Perlu kordinasi dengan camat terkait masalah amdal. Sedangkan untuk Perhutani, (maksimalkan ) polisi hutan karena memiliki  kewenangan di wilayah mereka,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Sementara Camat Cigudeg, Acep Sajidin mengatakan, keberadaan gurandil di Gunung Citomi jangan didiamkan.  Sebab, jika terus dibiarkan akan merusak kondisi lingkungan disana.

“Perhutani harus segera menindak tegas. Kapasitas kami hanya pengawasan saja. Kalau diperbantukan, siap untuk mendampingi. Kalau perlu polisi hutan lakukan patroli disana,” bebernya.

Acep menambahkan, peran serta muspika tentu sangat penting. Namun lebih penting lagi, kordinasi antar lini untuk membersihkan aktivitas penambangan liar yang kian menjamur.

“Semua elemen harus bisa bekerjasama untuk memberantas penambangan ilegal,” tukasnya.

(radar bogor/nal)


loading...

Feeds