Warga Bogor Ingat! Musim Hujan Hingga Maret 2017

CUACA BURUK: Awan hitam terlihat dari Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua. FOTO : Arifal / Radar Bogor.

CUACA BURUK: Awan hitam terlihat dari Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua. FOTO : Arifal / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Memasuki pertengahan Oktober, intensitas hujan di wilayah Bogor mulai peningkatan. Sejak sepekan terakhir, cuaca buruk seolah tak henti menyirami Bumi Tegar Beriman. Awan cumulonimbus terlihat berwarna pekat kehitaman.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor, curah hujan di wilayah Bogor meningkat sampai Maret 2017 mendatang. Puncaknya akan terjadi pada Januari tahun depan.

“Sudah sepekan ini puncak diguyur hujan deras sejak siang hari. Bahkan di Puncak Pass sejak pagi sudah mendung,”ujar Ahmad Arwami (38), warga Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua kepada Radar Bogor, Kamis (13/10/2016).

Cuaca yang mulai ekstrim ini pun membuat warga harus siap siaga. Terlebih kawasan Puncak merupakan titik lokasi bencana longsor. Hal itu dikatakan Kasi Kedaruratan dan Kesiapsiagaan pada  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo.

Ia mengatakan, warga di sekitar lereng dan samping sungai harus ektra hati-hati. Terlebih jika hujan mengguyur dari pagi hingga malam.
Untuk mengantisipasi bencana, BPBD pun kini berkordinasi dengan sejumlah pihak. Mulai dari  tingkat RT hingga kecamatan.

”Hal ini untuk mengantisipasi jatuhnya korban jika terjadi bencana,” tandasnya.

(radar bogor/all)


loading...

Feeds