Kantor Bea dan Cukai Bogor Gerebek Pabrik Miras Beromzet Rp2,4 Miliar

EKSPOSE: Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bogor Gatot Hariyo Sutejo (kanan memegang microphone) dalam gelar perkara, Kamis (13/10/2016). FOTO : Kelik / Radar Bogor.

EKSPOSE: Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bogor Gatot Hariyo Sutejo (kanan memegang microphone) dalam gelar perkara, Kamis (13/10/2016). FOTO : Kelik / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Tak kurang dari 1.341 botol minuman keras ilegal beserta mesin pembuatnya, diamankan Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bogor, Ahad (9/10).

Ribuan botol yang disita dari kawasan pabrik Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) di Depok, Jawa Barat, itu sedianya beredar di sejumlah tempat hiburan malam di Jabodetabek.

“Ini hasil pengintaian sekitar satu bulan. Kami peroleh 1.341 botol miras ilegal atau tidak berpita cukai yang semula akan didistribusikan,” ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bogor, Gatot Hariyo Sutejo, pada gelar perkara, di  Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bogor, bilangan Pajajaran, Kamis (13/10/2016).

Gatot menjelaskan, pabrik miras ilegal tersebut berupa home industry yang sangat tertutup. Mereka beroperasi secara sembunyi-sembunyi. Kepada petugas, tersangka mengaku pabrik pembuatan miras ilegal ini sudah berjalan selama tiga tahun.

“Kami bekerjasama dengan kepolisian sedang mengembangkan tersangka lainnya,” kata dia.

Pabrik ilegal tersebut mampu memasok 60-100 dus miras ilegal per bulan. Pemasarannya di wilayah Depok dan Jakarta Selatan. Minuman haram tersebut dijual Rp400.000 per dus dengan isi 24 botol ukuran 250 ml. Sedangkan ukuran 350 ml dijual dengan harga Rp500.000.

“Akibat perbuatan tersangka, potensi kerugian negara mencapai Rp2,4 miliar,” bebernya.

Tersangka kata dia, diancam hukuman pidana maksimal lima tahun dan sanksi denda maksimal 10 kali biaya cukai. Selain itu, petugas juga menyita barang kena cukai berupa etil alkohol sebanyak 26 jerigen masing-masing berisi 30 liter.


loading...

Feeds