Gawat! Puluhan Warga Cisasak Kabupaten Bogor Kena Penyakit Kulit

Ilustrasi Penyakit Kulit

Ilustrasi Penyakit Kulit

POJOKJABAR.com, BOGOR – Puluhan warga Kam­pung Cisasak, Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang, terserang penyakit kulit yang diduga akibat tercemarnya limbah sampah Galuga. Hal itu lantaran limbah TPA Galuga yang berupa cairan lieciet di­buang melalui pemukiman warga.

Koordinator Forum Silaturahmi Warga Galuga (Fosga) Nanang Hidayat menga­takan, limbah TPA Galuga dibuang tanpa ada pengolahan terlebih dahulu.

Akibatnya, sumur milik warga tercemar limbah TPA Galuga. Hal itu berdasarkan hasil uji lab Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kemente­rian Perindustrian.

”Meski sumur warga dan lahan perta­nian sudah bertahun-tahun tercemar lim­bah TPA Galuga, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor yang selama ini mem­buang sampah ke TPA Galuga belum me­nindak dengan serius,” keluhnya.

Nanang menjelaskan, bahkan para pe­jabat yang sudah mendapat instruksi Bu­pati Bogor Nrhayanti untuk menangani warga yang terkena dampak limbah pun terkesan lamban dalam menanggulangi puluhan warga yang terkena penyakit ku­lit dan gatal-gatal.

“Fosga akan membawa mereka ke RSUD Leuwiliang guna dio­bati,” tegasnya.

Ia pun berharap Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) segera turun ke lokasi agar penyakit kulit dan gatal-gatal yang dialami warga tidak ber­tambah dan bisa cepat diobati.

(radar bogor/nal/mtr)


loading...

Feeds