Warga Bogor Waspada! Hujan Angin sampai Tahun Depan

Ilustrasi angin kencang

Ilustrasi angin kencang

POJOKJABAR.com, BOGOR – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga  memprediksi, hujan lebat dan ancaman angin puting beliung di Bogor bisa terjadi hingga Desember. Bahkan setelah Desember berlalu, potensi ancaman masih tetap ada di sejumlah wilayah.

Kepala BMKG Dramaga Bogor, Dedi Sucahyono, memprediksi cuaca ekstrem masih akan terjadi dalam beberapa pekan mendatang. Apalagi, rata-rata kecepatan angin di wilayah Bogor di atas normal.

Masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan membuat daerah yang berada di kaki gunung berpotensi tinggi terjadinya angin puting beliung.

“Curah hujan wilayah Bogor mencapai 95 mm disertai embusan angin dengan kecepatan 40 km per jam (kencang), dengan durasi di atas tiga jam. Sangat memungkinkan potensi bencana longsor, banjir, dan puting beliung,” ujar Dedi.

Dia  juga mengimbau agar masyarakat Bogor tetap waspada hingga awal 2017, karena intensitas hujan akan terus naik hingga pada puncaknya pada November mendatang, dengan intensitas hujan deras yang durasinya bisa lebih lama.

Menurut Dedi, awan hujan saat ini sedang berembus ke arah tenggara dan bertemu udara hangat bertekenan rendah, sehingga menyebabkan angin bertiup sangat kencang.


loading...

Feeds