PAN Kemungkinan Besar Mengubah Haluan

Syafrudin Bima

Syafrudin Bima

POJOKSATU.id, BOGOR-Kehadiran Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan di Kongres IV PDIP, makin menguatkan partai berlambang matahari itu bakal merapat ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Bila dilihat secara politis, bukan tidak mungkin kehadiran Ketum PAN ke hajat PDIP memberi sinyal bila PAN akan menyusul langkah PPP dan Golkar,” kata pengamat politik dari LIPI Syafuan Rozi.

Menurut dia, politik syarat dengan kepentingan. Istilah tidak ada kawan dan lawan abadi, menjadi bagian dari dinamika politik. Dimana setiap partai yang tergabung akan mencari keuntungan untuk mempertahankan posisi dan kepentingan masing-masing. “Kemungkinannya kecil koalisi tetap solid,” terangya.

Menyikapi hal itu, Ketua DPD PAN Kota Bogor Syafrudin Bima mengatakan bila PAN  tetap berada di KMP. “Seperti yang dikatakan Pak Zulkifli Hasan bila PAN tetap setia bersama KMP. Begitu pula sikap kader PAN di daerah akan fatsun akan hal itu,” singkatnya. Dikatakannya, sikap DPD hanya akan berubah bila ada instruksi khusus dari DPP terkait sikap politik kader di daerah. Sebelumnya, Zulhas menyatakan, kehadirannya di pembukaan Kongres PDIP, hanya semata untuk memelihara tali silaturahim antar parpol.

Diakui Zul, dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan khusus dengan sang Ketua Umum Partai PDI Perjuangan, Mengawati Soekarnoputri. “Posisinya tetap di KMP. (Kehadiran di Kongres PDIP) Itu kan diundang silaturahmi. Itu bagus ajaran agama bagus,” tandasnya. (tik/c)

Feeds