Tiga Waria Terjangkit HIV

GRAFIS: Cara jitu mencegah HIV

GRAFIS: Cara jitu mencegah HIV

POJOKSATU.id, BOGOR-Tiga waria yang biasa beroperasi di Kecamatan Citeureup positif terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV). Ini diketahui setelah UPT Puskesmas  Citeureup mengadakan tes Voluntary Conseling and Testing (VCT) sejumlah waria yang terjaring operasi Satpol PP Kecamatan Citeureup, Kamis (9/4).

Kepala UPT Puskesmas Citeureup, Nining Fajarwati menerangkan, tes VCT rutin diadakan. Terakhir, mereka menemukan tiga waria berinisial AD (32), UA (29), dan AL (32) yang positif HIV.

“Kami periksa semua golongan darah mereka yang berisiko tinggi. Kami gunakan metode VCT. Metode ini cukup efektif mendeteksi dan mencegah menjalarnya virus HIV,” tuturnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Nining menerangkan, VCT adalah proses konseling sebelum melakukan pengetesan HIV secara sukarela. Ini dapat lebih dini mengetahui seseorang terjangkit HIV. “Dengan tes ini, pengidap akan tahu positif atau tidaknya, sehingga bisa segera berobat,” terangnya.

Kata Nining, dalam prosedur VCT, tahap konseling dilakukan sebanyak dua kali. Pada tahap prakonseling dilakukan pemberian informasi tentang HIV dan AIDS, cara penularan dan pencegahan.

Sementara itu, Camat Citeureup Teddy Pembang mengatakan, mereka merasa prihatin dengan menjalarnya virus HIV. Apalagi sudah ada warga mereka yang jadi korban virus itu beberapa bulan lalu.

“Dulu ada warga kami yang terjangkit HIV. Istrinya positif ketika punya anak. Ibu dan anak akhirnya meninggal,” terangnya. Kata Teddy, menyebarnya virus itu menandakan pergaulan bebas di Citeureup cukup tinggi.

Bahkan, kata Teddy, pernah dalam suatu operasi Satpol PP kecamatan menemukan dua pasangan mesum masih berstatus pelajar SMP. Saat dicek, kedua siswi ini dalam keadaan hamil.

“Saya sempat kaget ketika operasi Yustisi beberapa waktu lalu menemukan dua siswi SMP hamil. Setelah diketahui, kami panggil orang tuanya untuk diberikan arahan,” terangnya.(azi/c)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …