Jembatan R3 Pakai Duit Pusat

RAMAI: Jalur R3 mulai ramai digunakan warga sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan Jalan Pajajaran.

RAMAI: Jalur R3 mulai ramai digunakan warga sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan Jalan Pajajaran.

POJOKSATU.id, BOGOR–Pemkot Bogor kembali meminta bantuan dana segar kepada Pemerintah Pusat. Kali ini untuk pembangunan lima jembatan di atas ruas jalan lingkar R3, Bogor Utara. Lima jembatan yang disusulkan pemkot itu sudah memiliki Detailed Engineering Design (DED).

“(Jembatan) kecil ada dua, yang ukuran sedang ada dua, panjang satu, dan satu di atas Ciliwung, bendungan Katulampa. Pengajuan bantuan sekitar Rp85 miliar,” beber Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman.

Rinciannya, jembatan berukuran sedang, ditafsir menghabiskan dana Rp15 miliar-Rp20 miliar. Sedangkan total anggaran untuk membangun lima jembatan penghubung ruas R3 mencapai Rp100 miliar-Rp150 miliar.

“Kalau sekarang, baru ada jembatan di sekitar perumahan Mutiara Bogor Raya, Katulampa. Itu Rp25 miliar dari provinsi,” paparnya.

Pengajuan anggaran dibantu oleh Komisi V DPR RI. Nantinya, anggaran itu akan masuk pada pengajuan 2015. Pemkot terus memutar otak mencari dana segar untuk menyelesaikan pembangunan megaproyek tersebut.

Sekadar informasi, jalan lingkar R3 dibangun sepanjang 7 kilometer dengan lebar 40 meter. Hingga kini, sudah terbangun sesi dua sepanjang 1,2 kilometer, dari target 1,7 kilometer. “Berarti baru 2016 masuknya. Kemarin itu kan sudah dapat dari Pemprov Rp25 miliar. Itu paling untuk satu kilometer,” pungkasnya.(dhi/c)

Feeds