Paving Block Resapan Malah Ditimpa Aspal

SIA-SIA: Warga menyesalkan jalan paving block di Situ Gede yang dilapisi aspal. Pasalnya, paving block sengaja dipilih agar bisa meresap air hujan ke dalam tanah.

SIA-SIA: Warga menyesalkan jalan paving block di Situ Gede yang dilapisi aspal. Pasalnya, paving block sengaja dipilih agar bisa meresap air hujan ke dalam tanah.

POJOKSATU.id, BOGOR-Warga Kampung Cilubung Mekar, RW 08, Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat, mengeluhkan proyek pengaspalan di atas paving block, di lingkungan sekitar mereka. Musababnya, kondisi jalan masih layak dipergunakan.

“Jalannya masih bagus. Harusnya, dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan lainnya saja. Ini malah pemborosan,” kata warga Kampung Cilubung, Junaedi kepada Radar Bogor.

Selain itu, pengaspalan juga justru merugikan lingkungan. Pasalnya, pembangunan paving block berdasarkan banyak pertimbangan. Salah satunya sebagai penyerap air.

“Sekarang kalau paving block-nya ditimpa aspal, jadi tidak menyerap air lagi. Padahal, kalau dananya digunakan untuk memperbaiki paving block saja, bisa hemat 75 persen,” keluhnya.

Hal serupa dikeluhkan warga Pagentongan RW 06, Kelurahan Loji, Bogor Barat. Jalan yang di-paving block, ditimpa aspal. Padahal kondisi paving block masih cukup bagus.

“Paving block masih layak untuk digunakan tetapi malah ditimpa lagi pakai aspal. Paving block perlu untuk peresapan air. Harusnya pelihara saja sudah cukup,” kata warga, Aditya.

Proyek pengaspalan jalan itu dilakukan berdasarkan aspirasi anggota dewan. Namun seharusnya, dewan mengikuti program lama yang sudah berjalan. “Menurut saya sih jadi mubazir, buang-buang anggaran,” cetusnya.

Dikonfirmasi soal itu, anggota dewan dari Fraksi Golkar, Achmad Gaos mengaku dirinya tidak mengetahui soal proyek pengaspalan itu. Pada 2013-2014 program yang dilakukan adalah pemasangan paving block.

“Nah, yang sekarang saya tidak tahu itu program siapa. Seharusnya, kalau masih layak, lebih baik diperbaiki saja. Jangan malah ditimpa aspal,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor.

Dia mengaku akan membicarakan persoalan tersebut kepada anggota dewan yang lainnya. Supaya tidak ada dana yang dikeluarkan secara mubazir, dan bisa dipergunakan ke program yang lebih tepat.(viv/c)

Feeds