Dinas ESDM Angkat Tangan Mengatasi Penyediaan Listrik

BUTUH LISTRIK: Tiga anak membaca buku dengan diterangi lampu minyak. Kondisi ini masih terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Bogor.

BUTUH LISTRIK: Tiga anak membaca buku dengan diterangi lampu minyak. Kondisi ini masih terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Bogor.

POJOKSATU.id, CIBINONG-Dinas Energi dan Sumberdaya Alam (ESDM) angkat tangan atasi penyediaan listrik bagi daerah terisolir. Geografis jadi alasan SKPD yang dipimpin KOesparmanto itu, kenapa masih ada daerah yang belum menikmati listrik.

Kabid Ketenagalistrikan Dinas ESDM, Dede Armansyah mengatakan, sangat sulit menjangkau beberapa daerah yang ada di Kabupaten Bogor. Dari pencataan kasar, ratio elektrifikasi (RE) di beberapa kecamatan ada yang baru mencapai kisaran 50 persen.

“Bahkan kalau kita bagi lagi per desa masih ada RE yang di bawah 50 persen,” katanya.

Menurut Dede, pencapaian RE Kabupaten Bogor yang 92 persen tidak bisa menggambarkan kondisi keseluruhan daerah. Ia mengatakan, ada kesenjangan yang cukup tajam dari beberapa kecamatan menyangkut pelayanan listrik.

“Biaya mahal, sedangkan dari sudut pandang bisnis itu tidak menjanjikan bagi penyedia listrik,” katanya.

Tak heran, ada beberapa kampung hanya hanya dihuni beberapa rumah. Kondisi itu, tidak memungkinkan PLN membangun jaringan di lokasi tersebut.

“Perlu solusi lain agar masyarakat bisa mendapat pelayanan listrik. Misalnya, dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya atau dengan mikro hidro. Dan itu sedang kita kaji,” katanya lagi.(ful/c)

Feeds