Bima Arya Kantongi Rp 3 M Usai ‘Tampil’ di Korea

Bima Arya

Bima Arya

POJOKSATU.id, BOGOR-Walikota Bogor Bima Arya sedang go internasional. Kemarin dia dipercaya menjadi pembicara pada forum Local Governments for Sustainability South-East Asia (ICLEI) World Congress 2015 di Seoul, Korea Selatan. Acara yang bakal berlangsung empat hari itu (9-13/4) itu menghadirkan 227 walikota dari 92 negara.

“Saya salah satu pembicara tentang strategi pengembangan kota hijau yang rendah emisi dan ramah lingkungan seperti konversi angkutan kota  ke bahan bakar gas (BBG), biodiesel untuk Transpakuan dan rencana ke depan,beserta tantangan dan persoalan,” ujar Bima Arya di Korsel melalui telepon kepada Radar Bogor kemarin.

Tak sia-sia Bima hadir dalam forum. Karena Kota Bogor langsung mendapat bantuan berupa dana segar dari ICLEI senilai 120 ribu US dolar dan 115 ribu euro atau di rupiahkan (Rp12.879/US dolar) menjadi Rp3,139 miliar.

“Ya, dana itu akan digunakan untuk program emisi gas rumah kaca dan berbagai kegiatan lainnya,” bebernya. Bima merinci dana 115 ribu euro merupakan lanjutan program ICLEI untuk pembangunan infrastruktur dan bantuan teknis, seperti PJU, pengadaan jalur Transpakuan dan bantuan bis untuk pegawai.

“IClEI juga setelah acara ini akan mengucurkan 120 ribu US dolar ke Bogor untuk program penurunan emisi gas rumah kaca, bangunan ramah lingkungan di Surya Kencana dan pengelolaan limbah,” bebernya.

ICLEI merupakan organisasi pemerintah lokal yang bertujuan mencegah dan menyelesaikan masalah-masalah lingkungan hidup di tingkat lokal, daerah, dan global melalui tindakan di tingkat lokal.

Ratusan walikota dari 92 negara yang hadir dalam forum tersebut merupakan perwakilan dari kota-kota  yang bergerak menuju kota hijau dan kota cerdas. “Kami juga menguatkan jaringan untuk saling membantu. ICLEI sudah membantu Bogor untuk program low emission sejak tahun 2013,” tandasnya. (ind/c)

Feeds