Warga Kampung Caringin Tuntut Perbaikan Jalan

DEMO: Warga Kampung Caringin, Desa Gorowong, berunjuk rasa dengan membakar ban menuntut perbaikan jalan, kemarin (8/4).

DEMO: Warga Kampung Caringin, Desa Gorowong, berunjuk rasa dengan membakar ban menuntut perbaikan jalan, kemarin (8/4).

POJOKSATU.id, PARUNGPANJANG—Ratusan warga Kampung Ciringin, Desa Gorowong, berunjuk rasa menuntut perbaikan jalan rusak, kemarin (8/4). Selain perbaikan, mereka juga minta ada pembatas tonase truk dan penyiraman jalan.

Ketua koordinator aksi, Oman R Pribadi mengatakan, masyarakat kesal melihat jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki. Jalan rusak parah ini tersebar di Desa Gorowong, Jagabaya, Parungpanjang, Cibunar Lumpang, dan Cibunar, Kecamatan Parungpanjang.

“Pada 2014, jalan di Desa Cibunar Lumpang sudah diperbaiki. Namun, hanya bertahan dua bulan. Begitu juga Jalan Raya Cibunar dan Parungpanjang, tapi tidak lama sudah rusak lagi karena truk yang lewat melebihi tonase,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin

Di setiap desa, sambungnya, jalan yang rusak parah itu ada 1,2 kilometer. Penyebabnya karena truk yang lewat dari Kecamatan Cigudeg melebihi kapasitas. “Sudah banyak juga warga yang jadi korban. Pada 2014 ada tiga pengguna jalan tewas,” terangnya.

Lanjutnya, jika tuntutan tak dipenuhi, warga akan terus melakukan aksi. Sementara itu, Kepala Desa Gorowong, Suryono mengatakan, setiap hari truk tambang dari Cigudeg melintasi jalan itu.

Selain merusak jalan, terangnya, truk tambang ini juga menyebabkan debu. “Warga kami banyak yang kena ISPA karena setiap hari menghisap debu jalan akibat truk tambang,” terangnya.

Sambungnya, pemerintah desa sudah beberapa kali mengajukan perbaikan jalan ke kecamatan. “Namun hingga kini belum ditanggapi,” kata Suryono.

Pemerintah desa, kata dia, tidak bisa menghalangi aksi warga karena ini merupakan aspirasi yang harus mereka sampaikan. “Kami juga akan mendesak pemerintah provinsi agar jalan segera diperbaiki,” tuturnyaa. Terkait penyiraman jalan, mereka akan undang pengusaha tambang dari Cigudeg untuk bertanggung jawab.(rp7/c)

Feeds