SD Negeri Polisi 4 Siap Rawat Biopori

Para siswa bergotong royong mengebor biopori.

Para siswa bergotong royong mengebor biopori.

POJOKSATU.id, BOGOR-Para siswa dan guru SD Negeri Polisi 4, dengan semangat membuat lubang biopori, kemarin. Sejak pukul 08:00, para peserta sudah mulai berkumpul untuk ngebor.

Sebelum dimulai, panitia pelaksana bersama guru memberikan pengarahan tentang cara membuat hingga manfaat biopori bagi kelestarian lingkungan.

Kepala SD Negeri Polisi 4, Yayah Komariah mengatakan, mendukung gerakan lima juta lubang biopori karena sangat berguna untuk penyelamatan alam. “Lubang biopori juga dapat membangun kebersamaan siswa,” ujar Yayah kepada Radar Bogor, kemarin.

Bahkan, dengan membuat lubang biopori siswa dapat terlibat dalam penyelamatan lingkungan termasuk mencegah banjir, serta menyimpan air dalam tanah.

Menurut Yayah, apabila manusia tidak dapat berhemat dan menyimpan maka akan terjadi krisis air bersih. “Air kebutuhan utama manusia dalam hidup,” tegasnya.

Setelah mendapatkan pengarahan, para siswa dan guru ngebor biopori di sekitar Jalan Raya Paledang. Pembuatan lubang biopori, tak hanya sekali saja, namun akan dilakukan berkelanjutan bahkan siswa juga akan bertanggung jawab untuk melakukan perawatan.

“Dilihat dari sampah yang dimasukkan dalam lubang biopori tadi, sepertinya siswa akan memanen pupuk kompos sebulan setelah pembuatan lubang biopori,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula, Penanggungjawab gerakan lima juta lubang biopori, Hazairin Sitepu. (mer/c)

Feeds