Jumlah Pohon Pelindung Menyusut

RAWAN: Sejumlah pohon di bilangan Ahmad Yani terdeteksi rawan tumbang. DKP berencana memangkas beberapa di antaranya dalam waktu dekat .

RAWAN: Sejumlah pohon di bilangan Ahmad Yani terdeteksi rawan tumbang. DKP berencana memangkas beberapa di antaranya dalam waktu dekat .

POJOKSATU.id, BOGOR-Selain termakan usia, buruknya kondisi pohon-pohon raksasa juga disebabkan oleh tangan-tangan jahil manusia. Di antaranya, paku-paku tajam reklame dan pemasangan spanduk yang sering merusak dahan.

“Memang cukup banyak pohon yang ditempeli iklan dan spanduk. Padahal kami sudah memberikan plang peringatan. Masih saja membandel,” keluh Kepala bidang Pertamanan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Yadi Cahyadi.

Kondisinya kini, jumlah pohon sehat terus merosot. Hanya tersisa 14.275 pohon. Itu pun termasuk 212 pohon dalam kategori rawan tumbang. Sejak awal 2015, DKP sudah menebang 89 di antaranya. Itu berdasarkan pengecekan kondisi pohon, seperti yang dilakukan kemarin bersama mahasiswa dan dosen Fakultas Kehutanan IPB. “Tentunya (pohon yang ditebang) akan terus bertambah,” kata Yadi.

Dari hasil pemeriksaan di sejumlah titik, seperti bilangan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, dan Dadali, ada 50 pohon yang secara kasat mata rawan tumbang. Jenisnya Kenari dan Mahoni dengan usia di atas setengah abad. Minimal berdiameter satu meter lebih.

Sejatinya, jumlah ideal pohon di jalur hijau adalah, satu pohon pelindung di setiap tiga meter. Namun regenerasi pohon di jalur-jalur hijau Kota Hujan terbilang lamban. “Seharusnya satu pohon ditebang harus diganti dengan menanam lima pohon baru,” kata Yadi.

Pohon pelindung di jalur hijau bisa beraneka jenis. Di antaranya Mahoni, Angsana, Kenari dan Bungur dan Bintaro. “Pohon Bintaro cepat pertumbuhannya. Makanya beberapa ruas jalan kami tanam pohon itu,” tukasnya.

Sekadar informasi, satu batang pohon mampu menghasilkan 226 liter oksigen setiap harinya. Juga menyerap setidaknya 21 kilogram CO2 per tahun. Pohon berusia 70 tahun bahkan mampu menyerap 1.000 kilogram CO2. (all/c)

Feeds