Kelurahan Kencana Bogor Laporan Pajak Via Online

petugas pajak sedang melayani pajak online

petugas pajak sedang melayani pajak online

POJOKSATU.id, BOGOR-Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, mulai melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) wajib pajak pribadi secara online. Semua aparat kelurahan mulai dari lurah, kepala seksi dan staf melaporkan SPT melalui aplikasi e-filling di laman https://djponline.pajak.go.id/.

“Ini kali pertama aparat kelurahan melaporkan SPT tahunan PPh WP orang pribadi secara online,” kata Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Kencana, Iyan Sofyan, kemarin.

Sebelumnya, semua aparat kelurahan dan kecamatan mengikuti sosialisasi kantor pajak di aula kecamatan. Hasil sosialisasi langsung direalisasikan, dan semua aparat di kelurahan melaporkan SPT tahunan secara online.

Sekadar diketahui, aplikasi e-filing melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah sistem pelaporan SPT yang menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya. Sistem itu, memberi kemudahan bagi wajib pajak (WP) dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT. “Memang lebih mudah, cepat, dan murah. Tidak harus menunggu antrean panjang di kantor pajak,” kata Iyan.

Lurah Kencana Syafei R menambahkan, pemanfaatan perangkat teknologi di kelurahan sejalan dengan program walikota yakni Bogor Smart City. “Kita tidak ingin disebut gaptek (gagap teknologi), makanya saya selalu menekankan kepada seluruh staf untuk melek teknologi,” tukasnya.

Begitu pula, dalam penilaian SKP (sasaran kerja pegawai) sebagai pengganti DP-3 (penilaian pelaksanaan pekerjaan), semua staf di Kelurahan Kencana telah merealisasikan dengan sistem online yang diakses melalui SIMPEG Kota Bogor. Itu sesuai arahan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatikan (BKPP) Kota Bogor.(*/ric)

Feeds