Menguak Misteri Sasak Besi Purwakarta

POJOKJABAR.com, PURWAKRTA – Masih ingat dengan tragedi tabrakan beruntun di Jembatan Sasak Besi Purwakarta? yang menyebabkan 3 nyawa melayang dan 1 orang lainnya mengalami luka-luka berat beberapa waktu lalu, ternyata jembatan tersebut menyimpan misteri. Berikut hasil penelusuran awal mula dibuatnya jembatan sasak besi yang konon katanya angker.

Jembatan sasak besi dibangun pada masa Bupati R.A.A.Sastra Adhiningrat II, yaitu kurang lebih sekitar 149 tahun lalu jembatan yang berada di atas aliran sungai cikao ini dibangun.

Nama jembatan sasak besi sendiri diambil dari jembatan itu sendiri yang semuanya terbuat dari besi, bahkan kalau melihat foto jembatan jaman dulunya, kontruksi beratapkan besi-besi berciri khas jaman kolonial belanda.

“Dibangunnya pada tahun 1868 saat itu masa pemerintahan R.A.A. Sastra Adiningrat II yang berkuasa dari tahun 1863 – 1868,” ujar Said Widodo salah seorang pemerhati sejarah Purwakarta.

Jembatan sasak besi yang asli dari jaman kolonial tersebut memang sangat kuat, hal ini terbukti hingga berganti ganti penguasa di Purwakarta masih tetap bertahan dan digunakan masyarakat.

“Namun seiring dengan perkembangan jaman akhirnya sasak besi dipugar dan diperbaharui pada tahun 1977, besi-besi atap jembatan dihilangkan di ganti dengan jembatan yang baru,” tambah Said Widodo.

Kemudian seiring dengan perkembangam kendaraan yang melintas kian padat, akhirnya dibuatkan kembali jembatan disebelahnya. Sehingga saat ini jembatan sasak besi ada dua buah jembatan.

“Kalau jembatan yang satunya dibangun sekitar tahun 2000 an,” tutup Said Widodo, yang pernah menjadi anggota KPU Purwakarta tersebut mengakhiri pembicaraan. (Adw)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …