Longsor karena Terkikis Arus Sungai, Jembatan Cipamingkis Diperbaiki Menggunakan ABT

Jembatan Cipamingkis rawan longsor saat arus Sungai Cipamingkis deras. Foto : Istimewa

Jembatan Cipamingkis rawan longsor saat arus Sungai Cipamingkis deras. Foto : Istimewa

POJOKJABAR.com, BEKASI – Jembatan Cipamingkis di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi longsor sejak beberapa hari lalu. Sebagai antisipasi, di lokasi longsor dipasang papan informasi dan garis pembatas.

Jembatan penghubung antar desa tersebut longsor karena terkikis arus Sungai Cipamingkis saat hujan deras beberapa waktu lalu. Kecuraman dari dinding penahan jembatan juga diduga menjadi penyebab longsor.

“Penyebabnya karena faktor alam. Kecuraman dinding penahan jembatan itu sekitar 80 derajat. Jadi batu besar pun akan terbawa arus sungai ketika hujan deras dan debit air tinggi,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin, Kamis (22/3/2018).

Jamal mengatakan, perbaikan jembatan tersebut akan dilakukan secara permanen. Namun perbaikan kerusakan itu akan dilakukan pada anggaran belanja tambahan (ABT) 2018, atau sekitar Oktober 2018.

“Kita anggarkan perbaikan secara permanen di ABT. Kondisi Jembatan Cipamingkis tidak terlalu mengkhawatirkan, masih kuat untuk dilewati kendaraan,” ungkapnya.

Jembatan Cipamingkis belakangan ini sering dilalui kendaraan. Itu lantaran jembatan di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor terputus. Sehingga banyak kendaraan yang melalui jembatan tersebut sebagai jalur alternatif.

“Jembatan Cipamingkis sebenarnya terbatas untuk minibus. Tapi karena jembatan di Jonggol terputus, jadi banyak yang melalui Cipamingkis, termasuk kendaraan bertonase besar,” ungkapnya.

(enr/pojokjabar)


loading...

Feeds

Masyarakat saat mengikuti pelatihan yang di adakan Cirebon Power. Foto: mik/pojokjabar.com

Berdayakan Masyarakat Lewat Program Vokasi

POJOKJABAR.com, CIREBON – Cirebon Power melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui program keahlian. Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Vokasi – Teknisi Instalasi Listrik …
Rumah Terdampak Proyek LRT Didata

Rumah Terdampak Proyek LRT Didata

Protes sejumlah warga di RT 001/004 Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan yang terdampak proyek pembangunan LRT yang merusak beberapa rumah.