Terapkan Teknologi Informasi untuk Memajukan Masyarakat Betawi

Parade ondel-ondel turut memeriahkan acara Bekasi Disruptive Weekend.Enriko/Pojokbar

Parade ondel-ondel turut memeriahkan acara Bekasi Disruptive Weekend.Enriko/Pojokbar

POJOKJABAR.com, BEKASI –  Berbagai komunitas Betawi menggelar kegiatan dengan tema Bekasi Disruptive Weekend, di Halaman Gedung Juang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai kesenian khas Betawi dan perlombaan, sejak 23-25 Februari 2018.

David Darmawan, salah satu penggagas kegiatan ini dari Komunitas Betawi [email protected], mengatakan kegiatan Bekasi Disruptive Weekend bertujuan untuk menggairahkan budaya Betawi Bekasi.

“Dan menerapkan teknologi informasi untuk memajukan masyarakat Betawi. Keinginan itu diwujudkan dengan upaya pembuatan startup Betawi, yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Betawi pada khususnya,” ungkapnya, Sabtu (24/2/2018).

Kegiatan ini merupakan acara yang menggabungkan seni dan budaya teknologi. Bahkan menurut David, kegiatan tersebut berbeda dengan acara sejenis yang mengangkat budaya Betawi.

“Mengapa disebut disuprtive? Disruptive di sini berarti membuat gebrakan inovasi terhadap inovasi yang sudah ada,” katanya.

Untuk Startup Betawi yang akan dikembangkan, lanjut David, akan memadukan e-commerce dan fintech. Produk yang akan dipromosikan mayoritas berasal dari UMKM Betawi.

“Kita akan banyak bekerjasama dengan UMKM Betawi, dan akan kita promosikan produk-produknya,” katanya.

Kegiatan Bekasi Disruptive Weekend diramaikan dengan berbagai perlombaan dan penampilan kesenian khas Betawi. Seperti festival silat nusantara, atraksi maen pukul Betawi, parade ondel-ondel, youth innovation festival, kompetisi Betawi Startup Weekend dan beberapa kesenian Betawi lainnya.

(enr/pojokjabar)


loading...

Feeds