Waduh, Pemdes Karangbahagia Diduga Selewengkan ADD Tahun 2017

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, KARANGBAHAGIA – Aroma tak sedap di Pemerintahan Desa (Pemdes) Karangbahagia, Kecamatan Karangbahagia mulai tercium. Pemdes Karang Bahagia diduga melakukan penyimpangan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017.

Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (KPK) Kabupaten Bekasi Anwar Soleh mengaku, sudah mendapatkan bukti-bukti dan pengakuan saksi yang mengarah ke penyalahgunaan ADD Karang Bahagia. Menurut Anwar, berdasarkan hasil investigasi dilapangan, banyak mendapatkan bukti atas dugaan penyimpangan penggunaan Alokasi Anggaran Dana Desa.

“Kami telah layangkan surat konfirmasi kepada Pemerintah Desa Karang Bahagia, bernomor surat: 01/L-KPK/ I/2018 tertanggal 28 bulan Januari 2018. Namun hingga sampai saat ini belum ada jawaban terhadap surat konfirmasi tersebut,” kata Anwar.

Berdasarkan laporan anggota tim Investigasi Lembaga KPK, kata Anwar, surat tersebut sudah disampaikan dan diterima langsung oleh sekretaris desa (Sekdes) Karang Bahagia, serta dibuktikan dengan surat tanda terimanya.

“PJ Kepala Desa Karangbahagia, Nurhasim melalui WhatsApp nya mengatakan, sudah disampaikan kepada bendahara desa, perihal surat jawaban konfirmasi tersebut. Namun, bendahara desa, Iwan, saat ditemui tim Lembaga KPK,” kata Anwar.

“Kita hanya melakukan konfirmasi tertulis, tinggal jawab ya atau tidak. Karena, Laporan Pertangung Jawaban (LPJ) tahun 2017 tentunya sudah disampaikan secara administrasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD). Tinggal isi ajah, itu sebagai bahan kajian dan perbandingan dengan data-data yang kami miliki. Namun dengan carut marut dan tidak bersinerginya sesama aparatur Pemdes, membuat semakin banyak dugaan yang harus kita tindak lanjuti lebih dalam,” sambung Uban, sapaan akrab Anwar Soleh.

Dikatakan Anwar, dalam waktu dekat, Lembaga KPK akan segera melaporkan dugaan atas penyelewengan ADD desa Karangbahagia, dengan melayangkan surat kepada Kejaksaan Negeri Cikarang.

“Pihak yang berwenang yang akan lebih jauh untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap dugaan penyimpangan anggaran tersebut. Dalam minggu ini setelah data-data yang kami miliki serta beberapa unsur narasumber serta beberapa saksi sudah siap, akan disegerakan berkas tersebut kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri Cikarang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangbahagia, Nurhasim, menampik adanya dugaan penyelewengan ADD tersebut.

“Tidak benar itu penyelewengan ADD. Pertama, saya kan dapat surat itu, karena dia (Lembaga KPK) minta datanya 2017, saya baru dapat SK 11 Desember kan ya. Arti nya tidak mengetahui surat itu, disampaikan lah ke Pak Sekdes, dari Pak Sekdes ke bendahara. Nah kan sedang di proses, Cuma ternyata isunya buru-buru aja. Saya kan juga bingung kalo ditanya kegiatan 2017 apa aja (karena belum melihat file kegiatan yang telah dilakukan). Tapi pihak luar sudah membuat kesimpulan bahwa saya menyelewengkan,” terang Murhasim kepada Radar Bekasi (Pojoksatu.id Grup), Selasa (13/2/2018) kemarin.

Nurhasim juga menyayangkan sikap eksternal yang telah menyimpulkan bahwa pihak Pemdes Karangbahagia telah melakukan penyelewengan dana desa. Menurutnya, ada media yang juga menaikan isu tak sedap tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu ke pihak nya.Saya juga kaget, tiba-tiba ada media yang menaikan beritanya. Padahal belum juga meminta konfirmsi ke saya,” sambung Nurhasim.

(cr37)


loading...

Feeds

Michael Essien

Michael Essien Tetap di Persib Bandung

Rumor hengkangnya Michael Essien dari Tim Persib Bandung terbantah sudah. Pemain berjuluk Bison itu kembali berlatih bersama skuad Maung Bandung …
Kepala smpn 1 Sumber, Heri Purnama (berdiri) saat melakuka monitoring pelaksanaan simulasi UNBK. Foto: Dede/pojokjabar.com

SMPN 1 Sumber Siap Laksanakan UNBK

POJOKJABAR.com, CIREBON – Jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer untuk tahun ke 2, SMPN 1 Sumber terus berbenah, dari mulai …
Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Komisi 1, Sukaryadi. Foto: Dede/pojokjabar

Pemberhentian Kuwu, Sunjaya Dinilai Arogan

POJOKJABAR.com, CIREBON -Pemberhentian sementara kuwu Gempol Didi oleh Bupati Cirebon, dengan surat keputusan Bupati nomor 141.1/Kep.82-DPMD/2018 yang ditanda tangani Sunajaya Purwadisastra …