Usut Jual Beli Proyek di DPPK Kabupaten Bekasi!

Uchok Sky Khadafi.

Uchok Sky Khadafi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Centre for Budget Analysis (CBA) mendesak Kejaksaan Negeri (Kejari) CIkarang, Kabupaten Bekasi untuk mengusut adanya dugaan jual beli proyek di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Bekasi.

Pasalnya, dengan adanya uang komisi (fee) yang diminta oleh oknum pegawai di DPPK tersebut, masuk dalam kategori gratifikasi. Direktur CBA, Uchok Sky Khadafi menilai praktek jual beli proyek yang dilakukan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi preseden buruk bagi tata kelola pemerintahan. Sebab, dengan adanya uang komisi tersebut akan berdampak pada kualitas kegiatan yang diberikan kepada pihak ketiga (kontraktor).

“Bagaimana tidak berdampak jika kontraktor dimintai uang dari proyek itu. Akibatnya akan berdampak terhadap spek barang dan kualitas pekerjaan. Karena pada prinsipnya, pengusaha itu tidak mau rugi dan harus untung. Gara-gara banyak pengeluaran, akhirnya pekerjaan tidak sesuai yang diharapkan, dan berdampak kepada masyarakat sebagai pengguna,” beber Uchok saat dihubungi, Rabu (13/12/2017).

Menurut dia, pihak ketiga yang merasa dirugikan oleh oknum pegawai di DPPPK, seharusnya melaporkan ke penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan maupun KPK untuk ditindak lanjuti.

“Jadi penegak hukum harus bertindak, apalagi ini sudah ada indikasi gratifikasi dengan menerima komisi dari proyek. Kalau pekerjaannya tidak ada, maka harus dilaporin, kan nanti bisa diusut semuanya,” saran Uchok.

Diakui Uchok, kasus jual beli proyek memang sering terjadi diberbagai dinas di daerah. Dan seharusnya ini harus jadi pantauan penegak hukum, karena biasanya setiap penegak hukum ada tim pencegahan.

“Jangan dibiarin jual beli proyek seperti ini terjadi. Jangan-jangan inspektorat nya takut sama kepala dinas nya, dan Kejari juga seharusnya peka dengan persoalan seperti ini,” ucapnya.


loading...

Feeds

Ayi Hambali (kemeja hijau) dan tim tengah melakukan pendaftaran di kantor KPU Jawa Barat di Bandung. Foto: Dede/pojokjabar.com

Ayi Hambali Siap Maju Kembali

POJOKJABAR.com, CIREBON– Anggota DPD RI perwakilan Jawa Barat, yang juga ketua Yayasan Pondok Pesantran Al Falah, Dago, Bandung berniat kembali …