WN Nigeria Tipu Pengusaha Bekasi, Modusnya Seperti Ini

Tersangka penipuan dolar palsu dan barang buktinya yang disita Polres Metro Bekasi Kota, kemarin. Foto Raiza Septianto/Radar Bekasi

Tersangka penipuan dolar palsu dan barang buktinya yang disita Polres Metro Bekasi Kota, kemarin. Foto Raiza Septianto/Radar Bekasi

POJOKJABAR.com, BEKASI – Polres Metro Bekasi Kota mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria berinsial CC (43). Tersangka diduga menipu EC (46) pengusaha yang tinggal di Perumahan Boulevard Hijau, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria.

CC beristri Warga Negara Indonesi (WNI) itu ditangkap Polres Metro Bekasi Kota di kediamannya yang berada di Jalan Kayumanis Barat RT 15/01, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, pukul 01.00 WIB, Rabu (13/12/2017).

Dirinya ditangkap karena membuat rangkaian perkataan bohong dan tipu muslihat dengan cara mengiming – imingi akan memberikan uang dolar sebesar 2 juta dolar Amerika atau senilai Rp26 miliar kepada korban.

Namun, pelaku mengatakan bahwa uang tersebut belum bisa digunakan karena masih kotor. Kemudian, ia memberikan saran kepada korban untuk membersihkan uang tersebut dengan anggaran sebesar Rp500 juta.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto mengatakan, kejadian berawal ketika tersangka dan korban berkenalan di media sosial, Facebook. Setelah berkenalan, keduanya sempat bertemu langsung dan dilanjutkan dengan komunikasi melalui WhatsApp (WA) Masanger.

Ia menyatakan, korban yakin dengan hal tersebut karena ketika bertemu, tersangka menunjukan uang dolar kepada korban. Kemudian, yang lebih meyakinkan lagi, tersangka mengirimkan foto 49 bundel uang dolar Amerika senilai pecahan 100 dan 50 dolar Amerika.


loading...

Feeds