Pemkab Bekasi Diminta Cegah Penebangan Hutan Mangrove

Seorang warga sedang berada di hutan mangrove yang mulai menyusut di Desa Pantai Beting, Kecamatan Muaragembong. Foto Ariesant/Radar Bekasi

Seorang warga sedang berada di hutan mangrove yang mulai menyusut di Desa Pantai Beting, Kecamatan Muaragembong. Foto Ariesant/Radar Bekasi

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Keberadaan hutan mangrove di Pantai Muaragembong terus mengalami kekuarangan. Hingga kini diperkirakan hanya tinggal 1.000 hektar (Ha).

Berkurangnya hutan mangrove tersebut dikarenakan banyaknya penebangan liar yang kerap terjadi, sehingga berdampak terhadap abrasi di Muaragembong.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Wahyudi Asmar mengatakan, pihaknya telah menganggarkan untuk penaman mangrove di sejumlah pantai di Kabupaten Bekasi Tahun 2016 lalu.

“Namun karena kewenangan untuk hutan mangrove akan diambil alih oleh Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), sehingga di Tahun 2017, kami tidak menganggarkan lagi untuk penanaman mangrove disejumlah pantai Kabupaten Bekasi.

Menurut Wahyudi, penanaman ini dilakukan sebagai pelestarian mangrove di Kabupaten Bekasi. Pasalnya banyak warga pesisir yang mengeluhkan kalau berkurangnya hutan mangrove menjadi abrasi dari dan banjir rob kerumah warga.

Sedangkan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Mulyana Muhtar mengatakan, meski kewenangan hutan mangrove diambil oleh Provinsi Jabar, tetapi Pemerintah Kabuapten (Pemkab) Bekasi harus bisa memeliharanya, sehingga tidak ada lagi penebangan liar yang terjadi.

“Jadi bukan lepas tangan begitu aja, karena harus ada pemeliharan yang perlu dilakukan. Terutama menjaga jangan sampai terjadi penebangan liar,” imbuhnya.

Dengan adanya penanaman mangrove dari beberapa komunitas dan perusahan swasta di Kabupaten Bekasi, sehingga kedepan hutan mangrove di Kabupaten Bekasi akan lebih banyak lagi.

“Sekarangkan sudah banyak pembenihan, dan ini membantu sekali untuk memperluas penanaman mangrove di Kabupaten Bekasi,” terang Mulyana.

(dho)


loading...

Feeds

Ayi Hambali (kemeja hijau) dan tim tengah melakukan pendaftaran di kantor KPU Jawa Barat di Bandung. Foto: Dede/pojokjabar.com

Ayi Hambali Siap Maju Kembali

POJOKJABAR.com, CIREBON– Anggota DPD RI perwakilan Jawa Barat, yang juga ketua Yayasan Pondok Pesantran Al Falah, Dago, Bandung berniat kembali …