DKP Kabupaten Bekasi Diduga Selewengkan Miliaran Dana APBD, Modusnya…

Dody Agus Supriyatna.

Dody Agus Supriyatna.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Gema Aksi) menuding Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bekasi menyelewengkan anggaran pemeliharaan dan penunjang Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Burangkeng.

Pasalnya, kondisi TPS Burangkeng yang ini sudah kepenuhan (overload), sehingga tidak bisa lagi menampung sampah. Padahal, untuk pemeliharaan TPS tersebut, ada dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 sebesar Rp1,6 miliar untuk pemeliharaan dan Rp4 miliar.

Tapi sepertinya, anggaran tersebut tidak digunakan semestinya oleh oknum pejabat atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas terkait.

“Dengan kondisi TPS Burangkeng yang tidak bisa digunakan karena overload, lalu dikemanakan anggaran sebesar itu?,” tanya anggota Gema Aksi, Rahmat Hidayat.

Menurut Rahmat, dengan anggaran yang digelontorkan untuk pemeliharaan dan penunjangan TPS Burangkeng mencapai Rp5 miliar, itu sama saja dengan pemborosan anggaran.

“Dengan anggaran pemeliharaan dan penunjang sebesar itu, apa saja yang dipelihara dan tunjangan buat apa yang diberikan di lingkungan TPS Burangkeng?,” tukas Rahmat.

Apalagi, lanjut Rahmat, saat ini masih banyaknya tumpukan sampah disekitar jalan atau yang biasa lebih dikenal sampah liar. Ia menyarankan, alangkah baiknya dalam pengelolaan sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bisa melibatkan bank sampah dengan memberikan anggarannya untuk pengelolaan di wilayah.

“Jadi anggaran itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain lingkungan lebih bersih, budaya hidup bersih juga bisa tercipta di masyarakat,” imbuhnya.

Adapun Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bekasi, Dody Agus Supriyatna berkilah, bahwa anggaran pemeliharaan dan penunjang tersebut digunakan untuk pemeliharaan truk dan pembuatan drainase di jalan-jalan yang ada di lingkungan TPS Burangkeng.

“Anggaran itu kami gunakan untuk pengelolaan dengan menata TPS Burangkeng, bukannya diselewengin. Memang anggarannya besar, tapi banyak juga jenis kegiatan yang kami laksanakan,” ucapnya.

(and)


loading...

Feeds