Dishub Kabupaten Bekasi Genjot PAD Parkir

Pendapatan Asli Daerah

Pendapatan Asli Daerah

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perhubungan (dishub) terus mendorong peran swasta untuk terlibat dalam penataan dan pengelolaan parkir di Kabupaten Bekasi.

“Kami saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait kerjasama pengelolaan parkir dengan pihak swasta. Apabila semua lahan parkir yang ada di Kabupaten Bekasi dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan PAD juga akan meningkat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup kepada Radar Bekasi.

Ia menjelaskan, saat ini ada sekitar 48 titik lokasi parkir yang dikelola swasta, terdiri dari parkir di pinggir jalan (on street) dan parker di luar pinggir jalan (off street) berupa lahan khusus untuk parkir.

Diakui Suhup, ada beberapa kendala yang dihadapi Dishub terkait proses kerjasama pengelolaan parkir dengan pihak swasta, diantaranya lahan parkir yang ada saat ini banyak dikelola oleh warga sekitar secara liar.

“Maka dari itu, kami akan terus melakukan sosialisasi,” terangnya.

Meski demikian, Suhup tetap optimis, sistem kerjasama dalam penataan parkir itu akan meningkatkan PAD Kabupaten Bekasi, dari sektor parkir yang sebelumnya Rp70 juta/tahun menjadi Rp1,5 hingga Rp2 miliar/ tahun. Selain itu, peran swasta juga diharapkan bisa menata lahan parkir yang ada agar lebih representatif, tidak mengganggu kepentingan umum dan pengguna jalan.

Suhup menjelaskan, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbub) No 130 Tahun 2016 tentang pengelolaan parkir, akan menjadi landasan untuk mengelola parkir di Kabupaten Bekasi, salah satunya sejumlah tempat parkir akan dikelola oleh pihak swasta dengan pembagian hasil 70 : 30, yaitu 30 persen masuk ke PAD Pemkab Bekasi, dan 70 persen untuk pihak swasta sebagai pengelola.

“Untuk sarana prasarana disiapkan oleh mereka (pihak swasta) semua, mulai dari peralatan hingga Sumber Daya Manusia (SDM). Namun kami berharap, para juru parkir yang sudah ada supaya diberdayakan. Tahun ini targetnya belum besar, hanya Rp250 juta, karena baru ada satu pihak swasta yang mengelola, namun tahun depan akan lebih dimaksimalkan,” janji Suhup.

Lanjut Suhup, dalam hal penertiban parkir liar, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak penegak hukum.

“Dari hasil pengelolaan parkir itu kan nanti akan masuk PAD, yang gunanya untuk masyarakat juga,” tandas mantan Camat Babelan ini.

(dho)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …